500 Pelari Berpacu di Minang Geopark Run Series

Olahraga, straightnews1501 Dilihat

Sijunjung– Target menjadi Unesco Global Geopark (UGG) sebagai salah satu pengakuan pariwisata berbasis edukasi, konservasi dan ekonomi masyarakat, Geopark Sijunjung berbenah terus.

“Satu dari sekian indikator penting poin UGG  adalah gelaran iven yang berbasis alam, edukasi dan berdampak terhadap ekonomi warga lokal,” ujar Koordinator Tim Perberdayaan dan Pengembangan (TPP) Desa Wisata Sumbar M Zuhrizul, kepada media ini, Senin 5 Desember 2022.

Minggu pagi kemarin iven kolosal yang bernuansa alam itu digelar bertajuk Minang Geopark Run series (MGR). MGRs ini menjadi iven bergengsi di Indonesia diikuti pelari Ultra dari manca negara dan nasional.

Baca Juga :  Harus Ada Sindikasi Dana Pokir DPRD dan Gubernur untuk Buka Jalan Alternatif Baru

MGRs kemarin diikuti 500 peserta Minang Geopark Run Silokek dari dalam dan luar negeri, peserta kata Metek Zuhrizul berlari sambil menikmati destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Ada dua kategori yakni kategori Ultra 55 KM menempuh start pukul 06.30 Wib di RTH Logas-Jln. Lansek Manih-DPRD-Muaro Bodi-Jln. Adinegoro-Pasar Tanjung Ampalu-Padang Laweh-SAMSAT-Rest Area Silokek (finish) dan kategori Ultra 13 KM rutenya RTH Logas (start) menuju Simpang Logas dan finish di Rest Area Silokek.

Baca Juga :  Sebut Lebih dari San Andreas Fault, Pakar Luruskan Pernyataan Mas Menteri

Bupati  Sijunjung Benny Dwifa Yuswir di dampingi Wakil Bupati Iraddatillah di rest area Geopark Sikolek menegaskan suksesnya iven ini maka 2023 Pemkab Sijunjung akan merencakan Cycling dan iven- iven lainnya.

“Untuk kedepan kita juga merencanakan membuat iven dengan konteks berbeda di Silokek yang mempunyai khas yang bernilai internasional dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sijunjung. Semoga iven yang akan kita selenggarakan meningkatkan potensi dan unggulan yang ada di sijunjung sehingga bisa dinikmati oleh berbagai komunitas dalam dan luar negeri,”ungkapnya.

Baca Juga :  Share Trick Demi Green Talao Park Jawara ADWI 2022

Senada dengan itu, Zuhrizul berharap iven ini bisa menjadi media promosi wisata Kabupaten Sijunjung sehingga semakin di kenal dan cepat bangkit paska covid-19.(sis)

Komentar