5000 Pendaftar Calon Panwascam se Sumbar

straightnews635 Dilihat

FIXSUMBAR — Setelah beberapa hari membuka pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) ditutup 1 Oktober 2022.

Ada 5000 pendaftar Panwascam se Sumbar, dengan formasi direbut hanya tiga orang perkecamatan.

“Sangat tinggi antusias masyarakat menjadi Panwascam Pemilu 2024, data per 1 Oktober 2022 ada 5000 pendaftar Panwascam di 19 Bawaslu  kota dan kabupaten se Sumbar, ujian CAT untuk 18 Bawaslu Kota dan kabupaten, Bawaslu Mentawai ujin secara offline,” ujar Ketua Bawaslu Sumbar Alni didampingi. empat komisioner Bawaslu Sumbar, Benny Aziz, M Khadafi, Elly Yanti dan Nurhaida Yetti di Aula Bawaslu Sumbar, Senin 3 Oktober 2022.

Baca Juga :  Tekad Bawaslu Seluruh Pemilih di Sumbar Harus Terdafttar

Meski antusias tetap saja ada pendaftaran Panwascam di 44 kecamatan diperpanjang sampai 8 Oktober 2022.

“Disebabkan tidak memenuhi kuota dua kali lipat dari jumlah Panwascam (enam orang calon) juga tak terpenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan. Kita perpanjang masa pendaftaran di Bawaslu kota dan kabupaten untuk kecamatan yang tak memenuhi dua hal di atas,” ujar Alni.

Baca Juga :  Awas... Dua Tahapan Pemilu Menjadi Incaran Serangan Hoaks

Alni tegaskan bahwa perpanjangan pendaftaran satu kali. “Perpanjangan hanya satu kali, jika tetap tak terpenuhi, seleksi Panwascam tetao lanjut, dan perpanjangan di 44 kecamatan itu tidak memgganggu seleksi di Panwascam ynag sudah memenuhi ketentuan,*ujar Alni. (dri)

Komentar