BAZNAS Award 2022 Digelar, Ujud Apresiasi Untuk, Insan Perzakatan

Sosial, straightnews238 Dilihat

FIXSUMBAR — BAZNAS Award menjadi ajang apresiaisi pertama kali sejak lembaga pengumoul.dan menyalur zakat ini dibentuk di Sumbar. BAZNAS Award digelar sebagai ujud  apresiasi kepada insan perzakatan, pegiat zakat, dan LAZ di Sumbar.

Wakil Ketua I BAZNAS Sumbar, Afriyanto Korga, sekaligus Ketua Penanggung Jawab BAZNAS Award 2022, menyebutkan, inilah sepanjang sejarah berdiri BAZNAS Sumbar, BAZNAS Award tahun 2022 ini yang pertama digelar.

“Nantinya, nominator dalam Baznas Award itu akan diberikan kepada insan perzakatan, pegiat-pegiat zakat, UPZ dan LAZ di Sumbar,” katanya kepada wartawan, Selasa 27 Desember 2022. Tema kegiatan kali ini ‘Sadar Zakat Muzaki Meningkat’. Intinya bagaimana kita memberikan apresiasi dan motivasi kepada pegiat zakat yang telah berkontribusi selama ini, “ujar Afryanto Korga.

Lebih lanjut Afiryanto menjelaskan ada 18 kategori dalam BAZNAS Award 2022 ini, di mana 18 ini akan dibagi ke dalam dua kategori yaitu 10 kategori apresiasi dan 8 Apresiasi Kompetisi.

Baca Juga :  Malam Anugerah Baznas Award 2022 Meriah

Untuk 10 kategori apresiasi itu, Tokoh Pendukung Gerakan Zakat Sumatera Barat, Komisi Negara Pengumpul Zakat Terbaik, Instansi Vertikal Pengumpul Zakat Terbaik, Instansi Vertikal Pendukung Gerakan Zakat, Perguruan Tinggi Negeri Pengumpul Zakat Terbaik.

Selanjutnya, Perguruan Tinggi Swasta Pengumpul Zakat Terbaik, UPZ SKPD/OPD Pengumpul Zakat Terbaik, Pengelolaan Zakat BUMN Provinsi Terbaik, Kategori Pembayar Zakat Perorangan Teladan, dan Organisasi Masyarakat Pendukung Gerakan Zakat Sumbar.

Sementara kata Afryanto Korga 8 kategori kompetisi di antaranya, Bupati Pendukung Gerakan Zakat Sumbar, Wali Kota Pendukung Gerkaan Zakat Sumbar, Zakat Perusahaan Swasta Terbaik, LAZ dengan Pengumpulan Zakat Terbaik, Baznas kabupaten/kota dengan Peningkatan Pengumpulan Zakat Terbaik, Baznas kabupaten/kota dengan Pendayagunaan Zakat Terbaik, Baznas kabupaten/kota dengan Laporan Keuangan Terbaik, dan Baznas kabupaten/kota dengan Tata Kelola Kelembagaan Terbaik.

“Rewardnya berupa plakat dan piagam di mana setiap penerima sudah melalui tahap penilaian oleh Pimpinan BAZNAS Sumbar yang diputuskan dalam rapat pleno,” ujarnya.

Baca Juga :  Malam Anugerah Baznas Award 2022 Meriah

Ditambahkan Wakil Ketua IV Baznas Prov Sumbar, Nurman Agus, BAZNAS Award digelar 4 jumadil akhir 1444 H atau Rabu, 28 Desember 2022 malam di The ZHM Premier Hotel Padang.

“Kegiatan BAZNAS Award diawali peresmian kegiatan pengembangan kawasan Masjid Raya Sumbar sebagai pusat pembelajaran ABS SBK. Selanjutnya penyerahan bantuan pendidikan untuk tingkat SLTA/SMK/SLB se-Sumbar dengan total Rp7,5 miliar untuk 7.500 orang. Masing-masing anak Rp1 juta,”ujar Nurman Agus.

Malam BAZNAS Award sendiri rencanya bakal dihadiri Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, Pimpinan BAZNAS RI, Kolonel Purn. Drs. Nur Chamdani, tokoh-tokoh Sumbar, dan sekitar 200 orang yang terdiri dari Forkopimda, OPD, swasta, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, UPZ, dan para muzaki.

Baca Juga :  Malam Anugerah Baznas Award 2022 Meriah

Disebut Nurman Agus, setelah Rabu malam Baznas Award, Kamis, 29 Desember 2022 bakal digelar Rakorda yang dihadiri Prof. Dr. Noor Achmad dan juga oleh Kepala Biro Kemendagri.

“BAZNAS  adalah lembaga resmi pemerintah non struktural kerjanya untuk kepentingan umat. Prinsip pengelolaan zakat Baznas melakukan 3 prinsip aman, Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI. Tidak boleh ada dana zakat yang disalahgunakan,”ujar Nurman Agus.

Dijelaskan Nurman Agus, potensi zakat di Sumbar sebenarnya cukup besar, namun belum terkelola secara maksimal. Padahal kewajiban berzakat ini sangat sering disebutkan dalam Alquran yakni 82 kali dan selalu dirangkaikan dengan perintah shalat.

“Artinya, berzakat ini kewajibannya beriringan dengan perintah shalat namun masih banyak yang belum melaksanakannya. Semoga dengan BAZNAS Award ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berzakat,” pungkasnya. (grp)

Komentar