Bule Penggila Surfing Akui Ombak Siberut Bagus dari Hawai

Budaya157 Dilihat

Mentawai, – InJourney explore Siberut, mulai dari program pemberdayaan berkelanjutan menunjang pariwisata, juga enjoy dengan budaya asli Sikerei.

Dirut InJourney Dony Oskaria bersama jajaran direksi lainnya, mengakui pertama datang ke Siberut langsung jatuh cinta.

“Siberut Mentawai amazing, terus terang saya pertama ke Siberut ini, kesannya langsung jatuh cinta, satu dua bulan ke depan kembali lagi ke Siberut,” ujar Dony Oskaria kepada crew kliksiartv, Kamis 17/5-2024 di Muntei Siberut Selatan.

Tim Dony Oskaria mengambil stay satu malam di Kandui Villas. Kandui berada di antara Siberut dan Sipora.

Kandui Villas sebuah resort eksotik karena berada di antara rimba bakau.

Baca Juga :  Ujudkan Transparansi Pengelolaan Pemerintah, Pemkab Mentawai Gelar Bimtek PPID

“Dari kapal, dijemput sama speed boat, sekitar 10 menit menelusuri hutan atau rimba bakau nan asli, baru sampai di dermaga Kandui Villas, waooo banget penataan resort ini,” ujar penggiat pemberdayaan nasional Masril Koto.

Rombongan InJourney didampingi Desi Simanora mewakili Pemkab Mentawai disambut Owner Kandui Villas dan Penggiat Surfing, Jordan.

“Bagus ombak di sini,” ujar Jordan Bule USA asli Hawai.

Ungkapan itu menjawab pertanyaan Dirut InJourney Dony Oskaria tentang mana yang bagus ombak Hawai atau Siberut.

Terus kata Jordan, asri nya Siberut menjadi daya tarik wisatawan asing ke sini.

“Mereka (bule) ke sini, selain berburu ombak Siberut yang pas momen atau musim nya bisa setinggi 9-10 meter. Ini yang ditunggu dan diburu para surfer dunia, juga ketradisionil Siberut yang masih terjaga,” ujar Jordan.

Baca Juga :  Optimis Pariwisata Sumbar Pasca Pandemi

Kandui Villas menawarkan nuansa berbeda bagi tamunya, biaya cukup mahal ukuran orang Sumbar, tapi semua sudah include dengan fasilitas penjemputan, membawa ke spot surfing dan snorkeling atau diving, termasuk sarapan dan makan malam.

Juga fasilitas cottage hie genus, keluar dari pondok (cottage) langsung disambut deburan ombak kandui lengkap dengan hamparan pasir putih nya.

Selain itu Jordan mengajukan menu ala farm to table dan ocean to table, semua sayur dan buah serta ikan hasil Pulau Kandui.

Baca Juga :  Kapolda Sumbar ikuti Doa bersama Lintas Agama di Polres Kepulauan Mentawai

“Menu seperti ini yang diburu turis, mereka mau segar dan organik,” ujar Dony Oskaria.

Siberut atau Mentawai keseluruhan kata Dony adalah aset luar biasa di Indonesia.

“Harus diperkuat dengan pemahaman masyarakat bahwa daerah nya adalah daerah kunjungan wisatawan dunia.

Tetap mempertahankan orisinil Siberut ini expensive, terus tata ruang dan master plan pariwisata nya harus dikuatkan dengan regulasi, sehingga Siberut the Eksotik Island ini tidak rusak karena keserakahan manusia, InJourney siap jadikan daerah binaan dan ini pertama dilakukan InJourney di Indonesia, selain itu pesan Presiden kepada Meneg BUMN untuk majukan Mentawai,”ujar Dony Oskaria. (***)





Komentar