Disbuntanhor Sumbar Catatan Kinerjanya Sukseskan Progul Sumbar Sejahtera

Ekbis, straightnews738 Dilihat

FIXSUMBAR — Cari catan dan capaian kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumbar tidak banyak yang sukses tuntaskan prrogram unggulan (Progul) gubernur dan wakil gubernur.

Satu di antara OPD yang mampu sukseskan Progul Sumatera Barat (Sunbar) Sejahtera di era Mahyeldi-Audy Joinaldy tahun kerja 2022 adalah  Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Disbuntanhor) Provinsi Sumatera Barat. Dinas ini telah melaksanakan kegiatan pembangunan pertanian untuk mendukung Program Unggulan Sumbar Sejahtera.

Baca Juga :  10 Persen APBD untuk Petani, Ujud Nyata Progul Mahyeldi-Audy

Dari data diperoleh banyak media, tercatat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyediakan benih tanaman pangan seperti padi sebanyak 627 ton dan benih jagung sebanyak 296 ton. Penyediaan benih/bibit perkebunan diantaranya 107 ribu kelapa, 71 ribu cengkeh, 51 ribu kakao, 71 ribu sawit, 297 ribu kopi, dan 13 ribu gambir.

Kepala Dinas Disbuntanhor diwakili Sekretaris Dinas Ferdinal Asmin menjelaskan selama 2022 telah dilakukan penyediaan benih/bibit hortikultura diantaranya kawasan cabe untuk 10 ha, kawasan bawang untuk 10 ha, 30 ribu durian, dan 26 ribu manggis.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Serahkan Bantuan Produk Holtikutura

“Untuk mendukung infrastruktur pertanian yang baik, juga dilakukan rehab jaringan irigasi tersier seluas 8.000 ha, pembuatan embung sebanyak 10 unit, dan pengadaan alat dan mesin pertanian serta peralatan pendukung lainnya sebanyak 3.300 unit. Selain itu, pembuatan jalan usaha tani sebanyak 98 unit.”ujar Ferdinal, Kamis 29 Desember 2022.

Selain itu, Disbuntanhor juga menyelenggarakan sejumlah pelatihan dan bimbingan teknis kepada petani untuk menerapkan good agricultural practices dan good handling practices agar kegiatan pertanian berjalan dengan baik.

Baca Juga :  10 Persen APBD untuk Petani, Ujud Nyata Progul Mahyeldi-Audy

Ferdinal optimis dan berharap dukungan semua pihak dapat mewujudkan pembangunan pertanian di Sumatera Barat bisa meningkat pesat.

“Diharapkan pembangunan pertanian di Sumatera Barat di tahun mendatang akan lebih baik. Untuk itu, partisipasi dari berbagai pihak diharapkan dapat memajukan pembangunan pertanian berkelanjutan di Sumatera Barat.” tuntas Ferdinal. (sis)

Komentar