Dua Tahun Off, Bazar Ramadhan Dinkop UKM Digelar Lagi

Ekbis, straightnews3734 Dilihat

FIXSUMBAR — Dua tahun berhenti karena PSBB dan PPKM di masa pandemi covif-19. Hari ini Bazar aramadhan 1443 H Dinas Koperasi dan UKM Sumbar kembali digelar  di halaman kantor dinas, Jl. Khatib Sulaiman, Padang.

Bazar menghadirkan sebanyak 120 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) se-Sumbar, yang berlangsung hingga 22 April, ini dibuka resmi oleh Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, Selasa  19 April 2022m

Buya Gubernur mengintruksikan OPD terkait harus serius mengurus UMKM Sumbar agar berdaya saing tinggi dengan kemasan menarik serta pemasaran yang baik. Pasalnya, hampir separuh lebih masyarakat Sumbar berusaha di UMKM, mulai dari produksi hingga pemasarannya.

Baca Juga :  Malam Anugerah Baznas Award 2022 Meriah

“Tidak ada pilihan, Kita harus serius mengurus UMKM. Mulai dari peningkatan kualitas SDM, bantuan permodalan, pengemasan, hingga pemasaran. Ini harus jadi perhatian. OPD harus bisa bersinergi, dari hulu sampai hilir. Kalau penanganan secara parsial, tidak akan berhasil. Harus ada namanya komunitas, tidak bisa pendekatan personal saja. Tidak cukup hanya berikan modal tanpa pemasaran,”ujar Mahyeldi yang lebih top di sapa Buya oleh masyarakat Sumbar.

Baca Juga :  Malam Anugerah Baznas Award 2022 Meriah

Digelarnya kembali Bazar Ramadhan ini tambah gubernur adalah salah satu upaya membantu pemasaran produk UMKM. Gubernur berharap banyaknya perantau yang akan pulang mudik lebaran nantinya juga peluang pemasaran yang potensial.

Tidak lupa, gubernur mengapresiasi OJK dan Bank Indonesia yang telah membina sekaligus membantu pemasaran UMKM Sumbar. Diharapkan BUMN dan perbankan lainnya juga ikut mendukung.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Nazwir, menyampaikan produk-produk yang ditawarkan dalam Bazar Ramadhan di antaranya produk kuliner, pakaian, bordir, pecah belah, kerajinan dan sembako.

Baca Juga :  Malam Anugerah Baznas Award 2022 Meriah

“Bazar ini kegiatan rutin tahunan, namun dua tahun terakhir tak bisa dilaksanakan karena pandemi. Melalui bazar ini diharapkan dapat membantu masyarakat menghadapi hari raya,” ungkap Nazwir dikutip dari rilis Diskominfotik Sumbar.

Usai pembukaan oleh gubernur, dilaksanakan penyerahan sertifikat pelatihan pengembangan UKM serta penyerahan kredit usaha rakyat, dari BRI dan Bank Nagari.

Selanjutnya gubernur bersama Ketua Dekranasda Sumbar, Ummi Harneli meninjau stand bazar bersama tamu dan undangan lainnya.(doa/dri)

Komentar