FKG UNAND Gelar Baksoswil ‘Pemeriksaan Gigi Gratis’

straightnews559 Dilihat

FIXSUMBAR —Bakti Sosial Wilayah (Baksoswil) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNAND rutin digelar.  Sabtu 17 September 2022 Baksoswil dilakukan kepada  1.200 Mahasiswa Baru (Maba) di Asrama Hijau UNAND.

Kegiatan Baaksoswil FKG UNAND ini merupakan rangkaian dari kegiatan Lustrum ke-2 FKG. Selain Baksoswil juga dilakukan screening gigi mulut bahkan mahasiswa FKG Unand turut memberikan edukasi kepada mahasiswa baru tentang pentingnya kesehatan mulut dan gigi.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan 1 yang juga Direktur Ksmahasiswaan Unand  Khandra Fahmy, STP, MP, Ph.D bersama Kepala UPT Asrama Dr. Muhammad Hendri, S.P., MM

Khandra mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap Baksoswil ini berkelanjutan sehingga menjadi agenda rutin kemahasiswaan di Universitas Andalas

“Kita berharap kegiatan seperti ini diadakan secara rutin dan berkelanjutan karena memberikan manfaat edukasi dan membantu mahasiswa mengatasi masalah gigi dan mulut secara gratis, tidak hanya itu kita juga akan usahakan kegiatan ini nantinya bisa masuk dalam kurikulum kemahasiswaan,” ujar Khandra.

Wakil Dekan 3. drg. Eni Rahmi, Sp.Pros mengatakan selain Baksoswil, rangkaian kegiatan Lustrum FKG Unand ini juga di adakan kegiatan Donor Darah, seminar, perlombaan dan lain-lain.

“Ada banyak rangkaian kegiatan Lustrum FKG Unand yang ke-2 ini, salah satu nya Baksoswil pemeriksaan gigi dan mulut yang diadakan di dua tempat yaitu Asrama Hijau Unand hari ini dan tgl 24 /9 di SDN Percobaan Padang”.

Eni berharap pemeriksaaan gigi Maba di asrama hijau ini bisa membantu memberikan edukasi tentang pentingnya mengetahui lesehatan gigi dan mulut sehingga jika ada masalah bisa kita bantu melalui pemeriksaan lanjutan di rumah sakit gigi mulut. RS M.Jamil.

Kegiatan Baksoswi FKG Unand dilakukan di Asrama Hijau selama 3 hari berturut-turut dimana total dokter gigi sebanyak 37 org dan perhari ya 10 sampai 11 dokter yang menangani maba 2022.

Reido salah seorang mahasiswa baru angkatan 2022 mengaku senang bisa diperiksa giginya secara gratis.

“Kebetulan gigi saya ada yang berlubang, mudah mudahan bisa diobati dan yang paling penting itu gratis, kalau dibawa ke klinik gigi pasti mahal biayanya.”ujar Reido sumringah.

Begitupun Mario yang juga Maba di Asrama Hijau ini berterima kasih sekali FKG telah memberikan edukasi dan pelayanan gratis pemeriksaan gigi mulut, kegiatan disipakan oleh Panitia Pelaksana yang diektuai Ananda Elvira dengan menyiapkan acara ini bersama Gubernur BEM Dzaky Sayyid Efendi dan mahasiswa FKG Unand.(sis)

Komentar