Hadapi Demo, Ekos Albar Demi Pelayanan Publik Siap Pasang Badan

straightnews99 Dilihat

FIXSUMBAR — Pusat pemerintahan di Kota Padang tadi pagi buncah, pasalnya ada demonstrasi dan mogok beroperasinya Trans Padang.

Meski ada Walikota tapi yang menerima demonstrasi itu adalah Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar.

Ekos Albar punya karakter untuk pelayanan publik dia tidak pernah takut. Ekos  menerima dan menemui perwakilan operator Trans Padang yang melakukan mogok operasi dan demo di Balaikota Padang Aie Pacah, Senin 26/2-2024).

“Untuk lancarnya pelayanan publik, saya siap pasang badan tentang apa saja urusan pelik pelayanan masyarakat ini,”ujar H Ekos Albar kepada media ini.

Baca Juga :  Wawako Padang : RT dan RW Punya Peran Penting dalam Menyukseskan Program Pembangunan

Demo operator Trans Padang yang disebabkan pengurangan Bantuan Operasional Kegiatan (BOK) ini, menyebabkan lebih kurang 30 unit bus Trans Padang berhenti beroperasi.

Kadishub Kota Padang, Ances Kurniawan, menjelaskan bahwa dasar pengurangan BOK ini adalah rekomendasi BPK terkait efisiensi anggaran subsidi dari Dinas Perhubungan kepada PSM. Dan pemotongan subsidi ini sudah disepakati bersama PSM.

“Pengurangan BOK itu sudah disepakati bersama PSM. Namun ada miskomunikasi antara PSM dengan operator. Sehingga kesepakatan pengurangan BOK itu tidak tersampaikan informasinya kepada operator,” terang Ances Kurniawan.

Diko Operator koridor 6 mengungkapkan bahwa beban operasional yang harus ditanggung oleh operator cukup berat, sehingga pengurangan ritase akibat pengurangan BOK itu cukup merugikan operator.

Baca Juga :  Wawako Padang Terima 1,69 Triliun Alokasi TKD Tahun Anggaran 2024

Faisal Anwar dari koridor 4, pengurangan ritase sabtu-minggu menyebabkan kerugian 10 juta per minggu. Sementara Hendro Damuci dari koridor 2 menyampaikan siap mendukung program Pemerintah Kota Padang, tapi semuanya harus disepakati bersama.

Ekos Albar yang menerima perwakilan dari operator Trans Padang yang melakukan demo menegaskan bahwa Pemko Padang memiliki komitmen yang kuat terhadap pelayanan publik di sektor transportasi, namun juga tidak memperbolehkan operator Trans Padang merugi.

Baca Juga :  Pesantren Ramadhan Start, Ekos Albar Ungkap Hal yang Mengejutkan...

“Pertama saya tegaskan dulu, pelayanan publik tidak boleh berhenti. Jadi saya minta kepada operator Trans Padang mulai siang ini kembali aktif beroperasi. Dan saya juga minta Direktur PSM agendakan rapat teknis bersama seluruh perwakilan operator Trans Padang dalam minggu ini juga. Kita siapkan rumusan teknisnya supaya operator Trans Padang tidak rugi,” tegas Ekos Albar.

Pertemuan berakhir dengan kelegaan setelah perwakilan operator Trans Padang yang melakukan demo bisa menerima dan menyambut baik solusi yang ditawarkan oleh Wakil Wali Kota Padang.(dri)

Komentar