Hebatkan UMKM, Mahasiswa KKN Unitas Lakukan Penyuluhan

Ekbis, straightnews277 Dilihat

FIXSUMBAR — Mahasisea itu pelaksanan dari trilogi perguruan tinggi, satu di antaranya adalah pengabdian ke masyarakat. Univeristas Taman Siswa menyadari arti penting mahasiswa tersebut.

Pada program KKN Unitas mahasiswa diminta menjad pendobrak kebangkitan ekonomi kasyarakat di daerah pengabdiannya, dalam rangka menggairahkan ekonomi rakyat pasca dua tahun lebih dirundung pandemi covid-19.

Untuk itu  kuliah kerja nyata (KKN) Unitas Padang di kelurahan Kapalo Koto, kecamatan Pauh, kota Padang melakukan penyuluhan pada pelaku UMKM.

Dalam menjalankan program tersebut, mahasiswa di dampingi pembimbingnya Sri Mulyani dan Yunimar, juga pendamping UMKM kelurahan Kapalo Koto Zalfitra.

Baca Juga :  Asseekkk... Ada Space UMKM di Munas VII Gebu Minang

Ketua kelompok KKN Unitas kelurahan Kapalo Koto Pauh Dinda Annisa Maghfirah mengatakan, program kerja yang mereka lakukan sudah dari jauh hari dirancang, bukan hanya pemberdayaan UMKM saja, namun juga akan melakukan penyuluhan hukum serta pertanian, tentunya untuk kepentingan masyarakat di lokasi KKN.

“Kita sudah susun program kerja sebelum terjun ke lapangan, semuanya menyentuh pada kepentingan masyarakat, sehingga kehadiran kita memang bermanfaat bagi orang banyak, bukan hanya sekedar menyelesaikan beban kuliah,”kata Dinda di lokasi KKN, Jumat 22/7-2022.

Baca Juga :  Gelaran WIES 2023 Dimulai, Muhamad Zuhrizul: Terciptanya Jalinan Bisnis Dunia Islam di Sumbar

Pernyataan Dinda ditambahkan salah seorang peserta KKN Wulan Inayah Novrianto Putri, dimana semua peserta harus bisa bersosialisasi penuh pada masyarakat, karena ini juga menyangkut pengabdian dan nama baik Unitas.

“Kita membawa nama almamater, jadi harus benar-benar bisa menyatu dengan masyarakat, sehingga orang tau kalau kualitas Unitas itu tidak tertinggal dari perguruan tinggi lainnya di Sumatera Barat khususnya dan Indonesia umumnya,” terang aktifis debat dan senat mahasiswa Unitas Padang.

Ditambahkan Wulan, memang tidak dia dan teman-temanya untuk menjalankan program kerja, namun dengan kebersamaan semua bisa berjalan lancar.

Baca Juga :  'Hey Pak Gubernur Evaluasi tuh OPD nya', Tegas HM Nurnas tentang Realisasi Progul Mahyeldi-Audy Lelet

Sekaitan dengan pengabdian mahasiswa KKN Unitas Padang, pendamping UMKM Kapalo Koto Zalfitra, memberikan apresiasi dan pujian, karena cara berkomunikasi yang cukup baik pada masyarakat.

“Kita apresiasi adek-adek KKN Unitas ini, karena komunikasi yang baik dan percaya diri, meskipun mereka melakukan kegiatan berada di lingkungan perguruan tinggi negeri tertua di Sumatera,” tutur Zalfitra.

KKN Unitas Padang akan berlangsung sekitar 40 hari, semua program pengabdian harus berjalan baik, dimana merupakan penilaian khusus dari masyarakat dan perguruan tinggi dimana mereka menuntut ilmu.(ck/dri)

Komentar