Irman Gusman Punya Magnet Elektoral

Politik67 Dilihat

Padang, – Viral… Irman Gusman maju Pilkada Gubernur Sumbar 2024, munculnya Irman jadi obat rindu kepemimpinan Sumbar untuk semua, 5 tahun ke depan.

Irman Gusman mantan Ketua DPD RI, jika maju Pilgub maka menurut pemerhati elektoral di Sumbar, Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 seruuu…

Kenapa tidak?, pemikiran pemerhati elektoral dirangkum Ketua Jaringan Pemred Sumbar (JPS), Adrian Tuswandi terjadi ‘laga keras’ perebutan suara pemilih pada 27 November 2024.

“Pak Irman Gusman itu punya magnet elektoral, Irman Gusman itu kelas nya di demokrasi langsung sudah magnet voter, sementara petahana Mahyeldi memiliki solid voter karena PKS nya,” ujar Toaik biasa Ketua JPS ini menyampaikan benang merah analisis pemerhati elektoral kepada wartawan sambil makan siang, Kamisn 23/5-2024 di Padang.

Baca Juga :  Bamus Pauh Siap Dukung Braditi Moulevey jadi Cawako Padang jika Dipercaya Partai

Selain itu, fakta survei saat Irman Gusman maju Pemilu DPD 2024, walau akhirnya Irman Gusman jadi calon DPD kandas karena dicoret oleh KPU. Irman saat ini tengah berjuang di Mahkamah Konstitusi dengan tuntutan Pemilu DPD di ulang di Sumbar.

“Waktu itu, survei dilakukan salah satu lembaga survei kredibel, hasilnya adalah Irman Gusman masuk 4 besar peraih suara terbanyak Pemilu 2024 untuk Pemilihan DPD RI. Artinya voter Irman Gusman itu di Sumbar bajibun banyaknya,” ujar Toaik.

Berdasarkan hasil juga, Mahyeldi selalu Ketua Umum PKS Sumbar juga sukses memperoleh suara terbanyak untuk Pemilu DPRD Sumbar dan beberapa kota serta kabupaten juga di Sumbar.

Baca Juga :  Terungkap, Warga Sumbar Rindukan Irman Gusman Maju Pilgub

“Meski pemerhati elektoral banyak tak setuju ada sinergisitas hasil Pemilu dengan Pilkada, tapi data hasil pemilu bisa me jadi acuan, bahwa Mahyeldi memiliki solid voter,” ujar Toaik.

Terus apa yang membuat Irman Gusman bisa mendapatkan tiket ke Pilkada Sumbar.

“Sekali lagi pemerhati elektoral di Sumbar menganalisa, Irman Gusman bukan sosok politisi kemarin sore, lewat networking politik dimiliki Irman, bisa saja Parpol yang berhak mengusung calon menetapkan Irman Gusman sebagai Calon Gubernur Sumbar. Persoalannya jarum politik itu lajunya kencang, apakah punya waktu Irman Gusman melakukan lobi, untuk meyakini banyak Ketua Umum Parpol, wait and see saja kita,”ujar pemerhati elektoral dirangkum Ketua JPS Adrian Tuswandi.

Baca Juga :  Anggota Komisi II DPR RI Minta KPU Tindaklanjuti Putusan MK Terkait PSU Pileg DPD Sumatera Barat

Saat ini muncul kepermukaan beberapa nama tokoh untuk menantang calon Petahana Mahyeldi, yaitu Prof Ganefri (Rektor UNP) dan Epyardi Asda (Bupati Solok), juga ada Ketua NasDem Fadly Amran dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Anggota DPR RI Andre Rosiade.

“Bro Fadly Amran seperti fokus maju Pilkada Padang dengan ikon Basamo Benahi Kota Padang. Sedangkan Bro Andre Rosiade yang hasil survei di bawah Mahyeldi, kayaknya istiqomah jadi Anggota DPR RI yang punya tagline Solusi for Sumbar. Tapi politik itu momentum dan last minute, Fadly bisa saja NasDem perintahkan maju Cagub, dan Pak Prebowo perintah kan juga Andre Rosiade maju Cagub Sumbar, why not,”ujar Toaik. (***)





Komentar