Jangan Lemahkan, Hj Nevi Zuairina: UMKM Penjaga Stabilitas Ekonomi Nasional

Ekbis, straightnews164 Dilihat

FIXSUMBAR — Pada pertemuan terbatas Komisi VI DPR RI bertemakan pentingnya pengembangan dan penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)  menjaga stabilitas ekonomi nasional, Anggota DPR RI komisi VI, Hj, Nevi Zuairina ungkap penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pelaku UMKM yang selama ini dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

“UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Mereka bukan hanya memberikan kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), tetapi juga menjadi penggerak utama dalam penciptaan lapangan kerja di negara ini. Oleh karena itu, pembangunan dan penguatan UMKM menjadi sangat penting dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional.”ujar Hj Nevi Zuairina dikutip dari NZ Media Center Selasa 9/4-2024.

Baca Juga :  Kunjungi Pemanfaatan TJSL, Hj Nevi Zuairina Sampaikan Ini...

Dalam pernyataannya, Politisi PKS ini menekankan bahwa meskipun UMKM telah terbukti tahan terhadap berbagai krisis ekonomi, namun tantangan yang dihadapi oleh UMKM di Indonesia masih sangat nyata.

“Kami melihat bahwa akses keuangan, pemasaran, infrastruktur, regulasi, dan keterbatasan ketrampilan dan pengetahuan masih menjadi hambatan besar bagi UMKM untuk berkembang,” tambahnya.

Anggota Badan Anggaran DPR ini juga menyambut baik langkah-langkah konkret yang telah diambil oleh pemerintah dalam mendukung UMKM, seperti alokasi 40% produk/jasa UMKM dalam pengadaan barang/jasa pemerintah dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Namun, beliau juga menegaskan bahwa masih diperlukan upaya yang lebih besar untuk memperkuat sektor UMKM.

Baca Juga :  Pertemuan Diaspora Minang dan Bundo Kanduang Sedunia, Ini Ungkapan Hebat Bu Hj Nevi Zuairina

“Kami mendukung pembangunan infrastruktur yang memadai untuk mendukung UMKM, program pembiayaan seperti KUR dan pembiayaan Ultra Mikro, serta digitalisasi UMKM sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas,” ungkapnya.

Hj. Nevi Zuarina juga menekankan pentingnya sinergi dan koordinasi antara berbagai pihak terkait dalam mendukung pengembangan UMKM. “Kami percaya bahwa dengan kerjasama yang solid antara sektor publik, swasta, akademi, dan masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan,” tuturnya.

Baca Juga :  Anggota DPR RI Nevi Berharap Dirut Pertamina Bisa Tiadakan Antri Memglar SPBU karena BBM Habis

Hj. Nevi Zuarina minta semua pihak terutama pemerintah untuk terus mendukung pengembangan dan penguatan UMKM sebagai salah satu kunci dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional.

“Semoga pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di Indonesia semakin besar baik skala maupun jumlahnya. Pemerintah mesti menjadi inspirator semua pelaku UMKM di negara ini sehingga terus berkembang dan menjadi besar yang pada akhirnya menjadi tiang penyangga utama perekonomian Nasional,”ujar Nevi Zuairina.(hdi)

Komentar