Jangn Main Klaim, Pemilih Padang Sulit Diprediksi

Politik, straightnews360 Dilihat

Padang,— Terungkap pada diskusi bulanan sebuah partai politik, bahwa pemilih di kota ini punya karakteristik tersendiri.

Bahkan karakteristik pemilih di Kota Padang setiap pemilu justru unik. Partai Politik jangan main klaim sebelum hari pemilihan, bisa menangis lihat hasilnya nanti.

Terbukti, setiap pemilu pasca Reformasi, Partai Politik yang muncul sebagai pemenang selalu berbeda, ini artinya tidak ada strong voice di pemilih Padang, justru pemilih setiap pemilu justru makin rasional.

Itulah benang merah Diskusi Bulanan yang digelar DPD Partai NasDem Kota Padang, di sekretariat partai Jl. Jhoni Anwar, Lapai, Nanggalo, Padang, Sabtu 17/12-2022.

Baca Juga :  Waooo, Hadir ke Sumbar, Anies Baswedan Disambut Sudah Seperti Presiden Nih

Diskusi menghadirkan pembicara Ketua DPD Partai NasDem Kota Padang Osman Ayub dan Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas DR. Hary Efendi Iskandar, SS. MA.

“Pasca reformasi, Parpol pemenang Pileg di Kota Padang silih berganti. Mulai dari PAN, PKS dan kemudian Partai Demokrat. Belakangan Partai Gerindra. Ada banyak faktor yang mempengaruhi itu,” beber pria yang biasa disapa Ajo Hary ini.

Ditambahkan alumni program doktoral Universitas Padjajaran ini, kondisi tersebut menyebabkan karakteristik pemilih di Kota Padang dalam setiap pileg jadi hal yang sangat menarik untuk ditelaah.

“Masih ada pemilih dengan karakteristik emosional. Masih tertarik dengan isu-isu kedaerahan. Namun beberapa tahun terakhir jumlah pemilih dari kelompok perkotaan dengan karakteristik rasional makin besar,” urainya.

Baca Juga :  Rp 34 Juta Peket Umroh, Hadiah Utama Jalan Sehat Restorasi Bareng Anies... Masya Allah!!!

Karena itu, lanjut Ajo Hary, seluruh calon anggota legislatif atau caleg Partai NasDem Kota Padang harus mampu menawarkan ide atau gagasan untuk menarik perhatian kelompok pemilih dengan karakteristik rasional ini.

“Kehadiran Anies sebagai calon presiden Partai NasDem sejalan dengan harapan masyarakat. Tapi, untuk tampil sebagai pemenang, setiap Caleg harus paham karakteristik pemilih yang mereka sasar,” terangnya.

Tampil sebagai moderator Sekretaris Partai NasDem Kota Padang Syamsu Rizal. Diskusi diikuti pengurus Partai NasDem Kota Padang, pimpinan organisasi sayap dan badan, Ketua-ketua DPC se Kota Padang serta puluhan Bacaleg Partai NasDem untuk DPRD Kota Padang.

Baca Juga :  Pendidikan Politik Untuk Penguatan Demokrasi Oleh Partai Politik

Wakil Ketua DPW Partai NasDem Sumbar yang hadir dalam diskusi kali ini, Irwan Afriadi dan Hendri Irawan Dt Tanbijo, kembali mengapresiasi kepengurusan DPD Partai NasDem Kota Padang di bawah kepemimpinan Osman Ayub.

Kegiatan seperti ini dinilai sangat bermanfaat guna meningkatkan kualitas SDM pengurus partai dan semua Bacaleg. Diskusi bulanan ini diharapkan terus berlanjut dengan beragam topik atau isu-isu aktual di Kota Padang. Dan tentu tetap dengan narasumber terbaik. (jk)

Komentar