JBB Amal Salih Bakal Bangkitkan Budaya Barazanji dan Pantun Pasambahan

Komunitas, Sosial208 Dilihat

Padang- Jumat Berkah Berbagi (JBB) Amal Salih bertekad memberikan yang terbaik untuk anak yatim di Kelurahan Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Kegiatan dikelola Yayasan Berkah Amal Salih (BAS) ini tidak hanya sekedar memberi santunan dalam bentuk materi. Mereka juga dibekali pengetahuan dan life skill atau keterampilan hidup.

Hal ini telah diawali pada JBB Amal Salih, Jumat 2/12-2022. Kegiatan yang berlangsung tiap pekan di Dapur Al Salih, Sekretariat Yayasan BAS, Jl. Raya Banuaran Indah Blok AA/02 Kelurahan Banuaran Nan XX ini menghadirkan para anak yatim dengan tingkat pendidikan SMA atau sederajat ini.

“Mereka diminta untuk memilih satu pengembangan bakat, sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Pilihan tersebut adalah Barazanji, Kegiatan Keagamaan dan pantun pasambahan,” ujar Koordinator JBB Amal Salih, Herwaty Taher.

Herwaty Taher yang juga Sekretaris Yayasan BAS ini menambahkan, dari 30 peserta, semua telah menentukan pilihan. “Target kita, tidak hanya sekedar mereka bisa. Lebih dari itu, agar anak anak ini mampu melestarikan budaya yang telah mulai punah,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Herwaty Taher juga mengapresiasi dukungan semua. Hingga JBB Amal Salih terlaksana secara rutin tiap pekan.

“Saya sangat mengapresiasi semua pihak yang selalu menyukseskan JBB Amal Salih. Ucapan terimakasih pada Anggota DPRD Sumbar dari PDI Perjuangan Albert Hendra Lukman, Anggota Rumah Gadang Basamo (RGB) Alumni SMA tamatan 1987, Ila Bastian (Sanggar Senam Niviera), Ita (Butik Kamba), Mel/Fitri, Yulia dan Hamba Allah lainnya,” ujarnya.

Dukungan maksimal dari kelompok Pengajian Amal Salih, Cica Susanti, Lilis Jasmanidar, Faridayenti, Mutmainah, Putri Surati, Ermasniati yang berjibaku mempersiapkan JBB setiap pekan.

“Termasuk, menciptakan aneka gorengan di Dapur Al Salih,” tambahnya.

Sementara Pembina Yayasan BAS, Saribulih mengatakan selain JBB Amal Salih, berbagai program yang telah jalan yakni, Tahfizh Al Qur’an, Kursus Bahasa Inggris dan pelatihan merangkai bunga untuk ibu rumah tangga.

“Selain itu juga ada pelatihan MC dan pidato serta pelatihan menulis, membuat blog dan kreator vlog. Termasuk kelompok pengajian kaum ibu,” ujar Saribulih yang juga praktisi pendidikan ini.

Khusus untuk peserta Tahfizh dan kursus bahasa inggris akan digelar lomba pada awal Januari. “Puncaknya, saat penyerahan santunan Pendidikan Peduli Semester genap 2022/2023,” ujar Saribulih.

JBB Amal Salih kali ini, juga dihadiri Ketua Yayasan BAS, Zetri Murni, Ketua RT 02 RW Gina dan Sekretaris RT 01 RW 03 Sri Wahyuni. Tentu juga, Ketua RT 01/RW 10 Herwaty, Ketua RT 04/RW 11, Saribulih. Sementara Ketua RW 10 yang juga Penasehat JBB Amal Salih, Junaidi berhalangan hadir karena sakit (sbl)

Komentar