Komitmen Kapolda Sumbar Untuk Wartawan

straightnews915 Dilihat

“Mantap dan ini hadiah terindah di Hari Pers Nasional di Sumbar, karena jika tidak begitu, tentu profesi wartawan selalu dihantui ancaman  Terima Kasih Pak Irjen Pol Teddy atas ditekennya MoU ini,” ujar Khadafi Azwar

FIXSUMBAR — Dunia kewartawanan Sumbar sejak hari ini mendapatkan iklim sejuk dari orang nonor satu di Polda Sumbar.

Pada peringatan HPN tingkat Sumbar Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa Putra menandatangani MoU dengan petinggi organisasi pers di Auditorium Komplek Istana Gubernur.

Baca Juga :  Digelar Serentak, Apel Operasi Mantap Brata, Kapolda Sumbar Sampaikan Perintah Kapolri

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dilakukan Kapolda Sumbar, Ketua PWI Sumbar, Ketua AJI Padang, Ketua IJTI Sumbar dan Ketua PFI Padang.

“Nota kesepahaman berisi komitmen Polda Sumbar untuk melaksanakan MoU Dewan Pers dan Kapolri (No.2/DP/MoU/II/2017) tentang Koordinasi dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers dan Penegakan Hukum terkait Penyalahgunaan Profesi Wartawan,” ujar Ketua AJI Padang Aidil Ikhlas.

Polda Sumbar dan seluruh jajarannya berkomitmen akan melaksanakan mekanisme yang telah diatur dalam MoU diatas sesuai UU Pers.

Baca Juga :  Gelar Deklarasi Pemilu Damai, Leonardy Harmainy Apresiasi Kapolda Sumbar

“Seperti menyarankan pelapor untuk memberikan hak jawab, koreksi, jika ada yang keberatan dengan pemberitaan. Selanjutnya diteruskan ke Dewan Pers jika masih berlanjut,” ujar Uncu Aidil biasa Ketua AJI Sumbar ini disapa banyak pihak di Sumbar.

Adanya MoU ini Polda Sumbar tidak akan langsung menjerat pidana terhadap kasus Pers, seperti yang banyak terjadi di daerah lain.

“Semoga ini menjadi langkah baik untuk jaminan kemerdekaan Pers di Sumbar khususnya,” ujar Uncu Aidil.

Baca Juga :  Upsss.. Kapolda Sumbar Sidak Samsat Padang

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar Khadafi Azwar. memuji langkah mantao Irjen Pol Teddy Minahasa.

“Mantap dan ini hadiah terindah di Hari Pers Nasional di Sumbar, karena jika tidak begitu, tentu profesi wartawan selalu dihantui ancaman  Terima Kasih Pak Irjen Pol Teddy atas ditekennya MoU ini,” ujar Khadafi Azwar didampingi Majelis Etik IWO Sumbar Adrian Toaik di Padang. (rdi/rls)

Komentar