Masya Allah.. Irjen Pol Yoyol Jadi Datuk Bagindo Sati

Budaya, straightnews1764 Dilihat

Padang Panjang,– Perwira bintang dua di Polri, Irjen Pol Drs Angesta Romano Yoyol, MM, Jumat 13 Mei 2022  resmi bergelar Datuak Bagindo Sati.

Irjen Pol Yoyol Datuk Bagindo Sati dilewakan demlngan prosesi kebesaran gelar adat di kediaman Irjen Pol Yoyol di Kelurahan Sigando, Kecamatan Padangpanjang Timur.

Putra terbaik kota sejuk Padang Panjang yang merupakan perwira bintang dua kepolisian tersebut, diangkat menjadi salah satu pemimpin kaum Suku Koto Nan Baranam Kanagarian Gunuang. Gelar Datuak Bagindo Sati disematkan perwira tinggi Polri yang akrab disapa Yoyol ini, setelah musyawarah dan mufakat kaum Suku Koto Nan Baranam tercapai.

Pada prosesi malewakan gala Dt Bagindo Sati Turut Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran Datuak Paduko Malano, Wakil Walikota Asrul, Ketua DPRD Mardiansyah, Forkopimda dan sejumlah pejabat Pemko.

Baca Juga :  Sah, Fadly Amran Nakhodai Partai Nasdem Sumbar, Willy Serahkan SK ke Fadly

Wako Fadly Amran menyampaikan ucapan selamat atas dilewakannya gelar Datuak Gindo Sati kepada perwira tinggi polisi yang merupakan tokoh masyarakat, sekaligus anak kemenakan dari Nagari Gunuang itu.

“Selamat kepada Bapak Irjen Pol Yoyol Datuk Bagindo Sati yang merupakan tokoh masyarakat Kota Padang Panjang. Saat ini beliau di kaumnya didahulukan selangkah, ditinggikan seranting. Semoga menjadi pemimpin kaum yang dapat mengayomi anak kemenakan. Manimbang samo barek, maukua samo panjang,”ujar Fadly Amran.

Biswardi Dt Kayo seorang niniak mamak kaum Koto Nan Baranam Kenagarian Gunuang mengatakan pemberian gala pusako kepada rjen Pol Angesta Romano Yoyol dengan harapan dapat memimpin anak kemanakan kaum.

Ungkapan yang sama juga disampaikan tokoh masyarakat Aswir Rasyidin Datuak Panjang, pengangkatan Irjen Pol Angesta Romano Yoyol bergelar Datuak Bagndo Sati dengan harapan agar anak kemanakan kaum bisa mencontoh keberhasilannya.

Baca Juga :  5 Kali WTP, Terbukti Fadli Amran-Asrul Buktikan Komitmen Anti Korupsi

“Sama-sama kita ketahui bahwa Datuak Bagindo Sati merupakan sosok yang berhasil dan memulai dari bawah. Ini yang kita harapkan kepada anak kemanakan di kaum, untuk bisa mencontoh keberhasilan Datuak Bagindo Sati. Dan sebaliknya kepada Datuk Bagindo Sati, diharapkan tentunya juga bisa mengayomi agar anak kemanakannya juga turut sukses,” tutur Datuk Panjang.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy yang didaulat turut menerima sambah niniak mamak kaum Koto Nan Baranam dalam prosesi melawekan gala tersebut mengatakan sosok Irjen Pol Angesta Romano Yoyol sudah sangat pantas dan tepat menyandang gala pusako Datuak Bagindo Sati dari kaum tersebut.

Baca Juga :  Fadly Amran ke Amerika Ngapain tuhh...

Irjen Pol Angesta Romano Yoyol juga merupakan tokoh terpandang di kesatuan kepolisian dengan sederetan pretasi.

Irjen Pol Yoyol lulusan Akpol 1989 yang saat ini terhitung sejak November 2020 mengemban amanat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri, diyakini mampu mengemban gelar adat untuk menjadi panutan di tengah-tengah kaum.

“Sederetan keberhasilan beliau di pemerintahan, khususnya di kesatuan kepolisian Indonesia tentu merupakan perjalanan yang tidak mudah dan penuh perjuangan dengan membutuhkan kepribadian bertanggunjawab serta gigih. Hal ini nantinya yang akan menjadi contoh kaum, khususnya anak kemanakan agar menjadi orang yang sukses. Kami yakini beliau selaku Datu Bagindo Sati juga akan mampu mengayomi kaum dan anak kemanakannya,”ujar Audy.(ck)

Komentar