Mimpi Keltan Setahun, Akhirnya Hari ini Terima Alsintan

straightnews361 Dilihat

FIXSUMBAR —Belasan ketua kelompok tani (Keltan) di Kabupaten Padang Patiaman terlihat, Senin 18 Juli 2022 happy.

Happy para Keltan itu wajar sebab apa yang diimpikan selama ini telah datang, Apaan itu?

Mimpi tentang punya Alat Mesin Pertanian (Alsintan) selama ini ditunggu, akhirnya siang ini diserahkan Alsintan Power Threser dan Corn Sheller.

Dua Alsintan yang sangat membantu peningkatan produksi pertanian itu, adalah hasil konkrit Si Pejuang Aspirasi, Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Demokrat HM Nunas.

Baca Juga :  Maransi Nasib Mu Kini....

“Ini menjadi tanggungjawab setelah menerima aspirasi, lewat pertarungan alot dalam meperjuangkannya di DPRD, akhirnya berhasil dan hari ini dengan Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Hortikultra (PTPH) ke Keltan melalui ketua kelompok masing-masing,,” ujar HM Nurnas di Ketaping Batang Anai Padang Pariaman.

Alsintan diterima 18 Ketua Keltan di Padang Pariaman dianggarkan pada APBD Sumbar 2022, Power Thresher (pemotong/pengiriak padi) dan Cron Sheller (pemotong/pengiriak jagung) ada 18 Keltan yang menerima berasal dari Kecamatan Batang Anai, Lubuk Aluang dan VII Koto.

Baca Juga :  Asyiiikk... Rahmat Saleh, Fadly Amran, Nurnas dan Insannul Kamil Besok Satu Forum

“Allhamdulillah pak wali, kelompok wak (kita) dibantu masin pengiriak padi dari perjuangan aspirasi Pak Haji Nurnas pak wali,” uajr Syarbaini Kelompok Tani Sungai Pinang Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai yang mengajuka aspirasi pada 2021 lalu.

Keltan Sungai Pinang ini punya 24 anggota tani dengan lahan 25 hektar sawah.

“Kami siapkan dua anggota untuk mengoperasikan ketika dimanfaatkan oleh kelompok atau petani lain, dengan membayar kontribusi sesuai kesepakatan anggota pada rapat Keltan Sungai Pinang,” ujar Syarbaini didampingi Sekretaris Keltan Sungai Pinang Robianto.(dri)

Komentar