Monev KI Sumbar Hasilkan 24 Badan Publik Informatif, Senin Diserahkan

straightnews286 Dilihat

FIXSUMBAR — Final dan pasti viral,gelaran Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (AKIP) Komisi Informasi Sumbar, Senin 12 Desember 2022 di Hotel Truntum Padang.

Pasalnya selain dihadiri langsung Gubernur Sumbar H Mahyledi, AKIP Sumbar ini menjadi penyerahan pengakuan terhadap badan publik dalam bentuk settifikat INFORMATIF.

“Dari 400 lebih badan publik menyerahkan gusioner isin mandiri yang menjadi penialian tahap satu dan dua, serta 100 lebih di verfikasi faktual oleh tim Komisi Informasi Sumbar, hasilnya 24 badan publik pada 9 kategori berhasil memperoleh prediket INFORMATIF, ” ujar Ketua Panitia Monev KI Sumbar 2022, H Arif Yumardi didampingi Wakil Ketua Panitia Monev 2024 Tanti Endang Lestari dan verifikator KI Sumbar Anggi, Reza dan Tiwi lewat keterangan pers resmi KI Sumbar, Minggu 11/12-2022.

Menurut Arif peningkatan badan publik informatif tahun ini membuktikan membudayakan keterbukaan informasi publik di Sumbar adalah pasti.

Ada 9 kategori yakni, OPD Pemprov Sumbar, Pemkab dan Pemko se Sumbar, Pemerintahan Nagari, BLUD/BUMNag dan BUMD, Instansi Vertikal, Pergurun Tinggi Swasta, SMA/MAN sederajat, KPU kota dan kabupaten, Bawaslu kota dan kabupaten.

Baca Juga :  Komisioner 2 Periode KI Sumbar Pamit

“Semua badan publik yang meraih nilai isian kuisioner di atas 50, saat diverifikasi telah menunjukan itikad baik terhadap 5K (komitmen, konsistensi, koordiansi, kominikasi dan Kolaborasi terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi publik, Monev 2022 ini memastikan keterbukaan tengah berjalan kearah budaya keterbukaan informasi publik,” ujar Tanti Endang Lestari.

Sedangkan tentang siapa 24 Badan Publik prediket INFORMATIF, Arif Yumardi memastikan besok akan diumumkan saat AKIP 2022.

“Besok kita umumkan di Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (AKIP) 2022, dan menjadi *the last* AKIP bagi KI periode 2019-2023,” ujar Arif Yumardi.

BUKA Award & AMP Awards

Selain penyerahan hasil Monev Badan Publik, AKIP Sumbar juga menganugerahi 11 Tokoh Pimpinan Badan Publik BUKA Award.

Baca Juga :  Hari Kedua Verifikasi Faktual, Enam OPD Berpacu Jadi Informatif

“BUKA Awards merupakan anugerah yang diberikan kepada tokoh badan publik baik daerah maupun di pusat pemerintahan, BUKA Award ini diserahkan setiap akhir masa periode Komisi Informasi Sumbar alias sekali 4 tahun,” ujar Komisioner 2 Periode Adrian Tuswandi didampingi Tim BUKA Award 2022 dari Perhimpunam Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik atau dikenal dengan FJKIP Sumbar.

“BUKA Awards 2022 ini merupakan kolaborasi FJKIP Sumbar (berbadan hukum) dengan KI Sumbar, selama empat tahun periode KI Sumbar. Tim BUKA Award memotret tokoh badan publik terkait Niat, Komitmen dan Konsistensi terhadap Keterbukaaan Informasi Publik berdasarkan UU 14 Tahun 2008, penilaian mulai dari penelurusan mesin pencari sampai penilaian makalah nominator oleh Tim BUKA Award 2022,”ujar Adrian.

BUKA Awards 2022 diserahkan saat AKIP Sumbar 2022, Senin di Truntum Hotel.

“BUKA Awards 2022 ini berbentuk medali yang didesain cantik dan manis, diserahkan saat AKIP 2022 besok, ” ujar Ketua FJKIP Sumbar Gusriyono dihubungi Minggu siang ini.

Baca Juga :  Transparansi Kunci Kondusifnya Negara

Terus AKIP 2022 Senin, apalagi yang membuat heboh, yaitu Achievement Motivation Personal (AMP) Awards 2022.

“AMP Award 2022 atau lebih dikenal dengan Tokoh Keterbukaan Informasi Publik diberikan setiap tahun kepada person tokoh baik di badan publik maupun di tokoh di publik sendri, ujar Ketua Komisi Informasi Sumbar Nofal Wiska dihubungi Minggu 11/13 pagi.

Menurut Nofal AMP Award tidak untuk lembaga, sehingga itu penerima AMP Award ini tidak bisa diwakili.

Allhamdulillah AMP Awards 2022 yang juga anugerah terakhir diberikan KI Sumbar periode 2019-2023, akan diberikan kepada 10 tokoh pada Senin siang besok, yaitu tokoh yang bekerja keterbukaan iformasi publik dan kebijakanny pro keterbukaan informasi publik. Siapa beliau beliau penerima AMP Award 2022 yuk tunggu di Hotel Truntum besok, “ujar Nofal Wiska. (***)





Komentar