Nominator Buka Award 2022 Sewindu KI Sumbar

straightnews373 Dilihat

FIXSUMBAR, – Rapat Perhimpunanan Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (PJKIP) terkait apresiasi pada pimpinan badan publik berlangsung alot. Meski begitu, melalui seleksi yang jelimet dan konprehensi, akhirnya berhasil ditetapkan 18 nominator Anugerah BUKA Award 2022.

Ketua FJKIP Sumbar Gusriyono menekankan bahwa tokoh penerima BUKA Award 2022 harus betul-betul teruji soal Niat, Komitmen dan Konsiatensinya (NKK) terhadap UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Jangan pakai teori cocoklogi dalam mengapresiasi pimpinan badan publik, PJKIP Sumbar harus melakukannya dengan tepat dan terukur,” ujar Gusriyono pada rapat penetapan nominator atas BUKA Award 2022, Jumat (21/10-2022) siang.

BUKA Award 2022 merupakan anugerah FJKIP yang selama ini menjadi mitra strategis Komisi Informasi Sumbar. BUKA Award merupakan apresiasi para penggiat keterbukaan informasi publik ynag diberikan setiap habis masa periode tugas Komisi Informasi Sumbar.

Baca Juga :  Sungai Rumbai Timur dan SMAN 1 Sitiung Perdana Didatangi Tim Monev KI Sumbar

“Tidak setiap tahun dan skopnya nasional karena BUKA Award diberika ln juga kepada tokoh pimpinan badan publik di lembaga tingkat pusat,” ujar Gusriyono pada siaran persnya diterima redaksi media Jumat sore ini.

Pada rapat penentuan nominator bagda shalat Jumat tadi lewat metode searching dan wawancara, selama tiga tahun belakang, maka rapat PJKIP bersama tim BUKA Award memutuskan pimpinan badan publik masuk nominator BUKA Award 2022.

“Alot soal pimpinan badan publik mana yang masuk nominator karena NKK-ya beti (beda tipis) sekali, penyerahannya direncanakan saat Hari Anugerah Keterbukaan Infomasi Publik Provinsi Sunbar,” ujar Almudazir, Koordinator BUKA Award 2022.

Baca Juga :  Putusan Komisi Informasi Bisa Digugat ke PTUN

Tapi lewat sharing dan narasi soal apresiasi ini, dengan tolok ukurnya yang jelas yakni NKK tadi ditetapkan nama-nama pimpinan badan publik baik di Sumbar maupun nasional sebagai nominator BUKA Award 2012.

18 Pimpinan Badan Publik Nominator BUKA Award 2022
1. Ketua DPR RI
2. Ketua DPD RI
3. Menteri Keuangan
4. Menteri BUMN
5. Menteri PUPR
6. Rektor UNP
7. Bupati Pasaman
8. Walikota Padang Panjang
9. Bupati Padang Pariaman
10. Bupati Dharmasraya
11. Bupati Solok Selatan
12. Walikota Pariaman
13. Direktur Utama Bank Nagari
14. Ketua DPRD Sumbar
15. Direktur Utama Semen Padang
16. Bupati Tanah Datar
17. Dirut Perumda Air Minum Kota Padang.
18. Eksekutif GM Pertamina Region I Sumbagut di Medan.

Baca Juga :  KI Sumbar Dorong PT Balairung Aktifkan PPID

“Semua nama itu, selalu kita koordinasikan dengan Komisi Informasi Sumbar, karema BUKA Award pertama lalu diinisiasi oleh KI Sumbar, apalagi nominator itu dalam rangka sewindu KI Sumbar, dari 18 itu nantinya ditetapkan 8 tokoh badan publik penerima BUKA Award,” jelas Almudazir.

Tahapan berikutnya, lanjut Almudazir, Tim BUKA Award akan menyurati para nominator sekaligus membuat makalah terkait Niat, Komitmen dan Konsistensi (NKK) pimpinan badan publik terhadap lembaga yang dipimpinnya. (rls/pjkip)

Komentar