‘Nyanyian’ Abien Soal Mahyeldi Ternyata Tidak Ada di BAP

straightnews1053 Dilihat

FIXSUMBAR — Sabtu 14 Mei 2022 kemarin tersangka korupsi dugaan dana KONI Padang pada 2018-2022, Abien ‘bernyanyi merdu’ tentang dugaan Walikota yang juga Ketua Umum PSP wakktu itu, termasuk dugaan aliran dana kepada anak sang Ketua Umum PSP waktu itu.

Pernyataan Abien langsung trending topik, tapi Rabu 18 Mei 2022 Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum Budi Sastera mengatakan bahwa di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Tersangka Agus Suardi tidak ada.

“Di BAP keterangan seperti disampaikan tersangka kepada media waktu itu (Sabtu,red) tidak ada,” ujar Budi ketika dikonfirmasi soal ‘nyanyian merdu’ Abien itu.

Tapi kata Budi, sebaiknya dilihat saja di fakta persidangan di mana kasus dugaan korupsi dana KONI Padang sebentar lagi digelar persidangannya.

Budi juga menegaskan tentang belum ada permintaan Abien menjadi Justice Colloborator.

“Belum, kalau ada tentu dipelajari dan dianalisa dulu, baru bisa atau tidaknya tersangka menjadi justice colloborator,” ujar Budi.

Sementara Rabu sejak pagi sampai jelang sore tadi, setelah menjalani pemeriksaan dua tersangka minus Abien ditahan Jaksa dititip di Rutan Anak Air sampai 20 hari kedepan.

Kedua tersangka Davitson yang Wakil Ketua KONI Padang dan Nazar Wakil Bendahara saat kasus dugaan korupsi terjadi ditahan jaksa.

Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) atau P 16 A Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang Budi Sastera, didampingi Kasi Intelijen Kejari Padang, Roni Syaputra dan Kasi Pidana Khusus Kejari Padang Therry Gutama menyebutkan pelaksanaan tahap dua, para tersangka didampingi kuasa hukum.

“Kejari Padang pada hari ini menyerahkan dua tersangka dugaan Korupsi KONI Kota Padang dan barang bukti (tahap II) kepada penyidik. Di mana dalam tahap dua tersebut atas nama tersangka berinisial Davitson dan Nazar. Sedangkan tersangka yang satu lagi berinisial Agus Suardi saat ini tidak datang dengan alasan sedang keadaan sakit, ada surat keterangan sakit dari dokter,”ujar Budi.

Terkait kapan Abien ditahan, Budi menegaskan pihaknya akan memanggil kembali tersangka Agus Suardi (Abien,-red).

“Agus Suardi belum dilakukan penahanan, karena yang bersangkutan sakit. Untuk saat ini kita melakukan pemanggilan ulang kepada Agus Suardi,” tambahnya.

Kedepannya akan dipanggil ulang, panggilan kedua kata Budi untuk melaksanakan penyerahan tersangka dan barang bukti khsusus tersangka Agus Suardi Minggu depan.

” Untuk mekanismenya akan dipanggil lagi, pemanggilan satu, dua kali. Seterusnya akan kita buat analisis apakah betul yang bersangkutan sakit atau tidak,”ujar Budi.(rey)

Komentar