Padang Intoleran, Supardi: Masak Sich…

straightnews4909 Dilihat

FIXSUMBAR – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi sebagai ketua rombongan Tim Safari Ramadhan (TSR) mengunjungi Mesjid Almuttaqin, Kelurahan Pegambiran Lubuk Begalung Kota Padang, Rabu, 6 April 2022.

Supardi akrab disapa guru ini mengatakan, sebuah lembaga survei kemaren mengeluarkan data terkait daerah intoleran di Indonesia dan Padang termasuk daerah intoleransi kerukunan umat beragama.

“Ada tiga Kota dan salah satunya Kota Padang, kemaren kita akan agendakan, suruh dia presentasekan di DPRD, apa indikator sehingga mereka mengatakan bahwa Kota Padang adalah daerah tidak menerima kerukunan umat beragama atau termasuk daerah intoleransi,” ujar Supardi

Menurut Supardi, sepanjang sejarah di Sumatera Barat kita tidak pernah mendengar dan menyaksikan ada penggusuran tentang masalah sarana ibadah agama- agama lain tidak pernah kita memdengar itu, jangankan menyaksikan mendengarkan tidak pernah ada pertengkaran antar suku antar agama.

“Kita tidak pernah dengar ada perselisihan antar agama juga tidak pernah itu. Tapi tahu- tahu ada lembaga survei menyatakan Kota Padang termasuk adalah Kota intoleransi kerukunan terhadap umat beragama. Kita berharap ini membuat semacam emosi, malu kita hanya survei dan hasilnya perlu dipertanyakan keabsahan survei tersebut,” ujar Supardi.

Lanjut Supardi, kasus tersebut dapat ambil hikmah, karena Provinsi Sumatera Barat terkenal dengan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah dan islam adalah rahmatan Lil alamin.

“Kita Masyarakat harus mencintai jati diri Minang, karena merupakan identitas kita Ranah Minang,” ujar Supardi.

Dikatakan Supardi, Masjid Al Muttaqin berarti yang sudah disempurna dengan jamaah ramai shalat berjamaah.

“Alhamdulillah sudah 2 tahun kita tidak tarawih dikarenakan Covid 19 pada tahun 2020 silam dan tidak ada pesantren ramadhan Mesjid kosong, sangat sedih kita rasanya dan Alhamdulillah 2022 sekarang sudah kembali ramai seperti sediakala anak kembali adanya pesantren ramadhan tarwih berjamaah. Meskipun pandemi sudah mereda masyarakat tidak boleh abai terhadap prokes,” ujar Supardi

Dijelaskan Supardi, DPRD Provinsi tadi siang sudah melakukan vaksin booster bagi anggota dan pegawai setretariat DPRD merupakan antisipasi penyebaran Covid-19.

“Kita sengaja menyerahkan bantuan Rp 50 juta. Semoga bantuan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk pembangunan Masjid Al Muttaqin Pengambiran Kota Padang,” ujar Supardi.

Rombongan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Supardi selaku ketua rombongan dan Dan Lanud Sutan Syarir, Sekwan DPRD Sumbar Raflis, Zainudin Inspektur Provinsi, Hery Novriadi Kadis Perhubungan Sumbar, Adib Alfikri Kadis Penanaman Modal dan Investasi, Isalmon KPU Sumbar, Kabag Persidangan DPRD Sumbar Dahrul Husin, Randi Harfian Kabag Kesra, Basyarudin Biro Kesra Provinsi dan Kasubag Humas DPRD Sumbar Darul Idris.(cdr)

Komentar