Pemilu di ‘Valentine Day’ Dilaunching

Politik, straightnews680 Dilihat

FIXSUMBAR – Hari Valentine Day (kasih sayang) kemarin 14 Februari sebagian milenial merayakannya. Pas hari itu pula KPU RI melaunching hari pemilu dua tahun lagi 14 Februari 2024.

Lainching digelar secara daring di Sumbar disaksika  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, bersama Forkopimda, Bawaslu dan unsur Parpol saksikan peluncuran hari pemungutan suara pemilu serentak 2024 itu.

Peluncuran hari pemungutan suara pemilu serentak itu dilangsungkan di rooftop gedung KPU RI, dan disaksikan secara daring oleh semua jajaran KPU se Indonesia.

Dalam peluncuran itu, Ketua KPU RI, Ilham Saputra menyampaikan beberapa hal terkait pemilu serentak itu.

“Hari pemungutan pemilu serentak itu telah ditetapkan, yakni 14 Februari 2024. Sedangkan untuk pelaksanan tahapannya diperkirakan makan waktu 2 tahun. Dan saat ini KPU menyiapkan regulasi, SDM dan infrastruktur dalam rangka menyukseskan pemilu 2024 itu,”ujar Ilham Saputra.

Dia mengaku, untuk laksanakan pemilu itu KPU jelas butuh dukungan dari pemerintah, legislatif dan stakeholder pemilu lainnya.

Hal lain disampaikan Ilham yakni menyangkut akurasi data pemilih tetap pada pemilu nanti. Dia mengakui hal ini jadi perhatian penting bagi KPU.

“Tentu kami (KPU, red) berupaya semaksimal mungkin menghadirkan data pemilih tetap yang akurat dengan berkoodinasi dengan Capil, parpol dan stakeholder lainnya,” tukas Ilham Saputra.

Dikesempatan itu, ketua KPU RI ini juga menyinggung soal honor bagi petugas adhoc, yang menurut dia perlu dinaikkan, dan hal ini masih dalam tahap pembicaraan antara KPU, Komisi 2 DPR RI dan pemerintah.

“Soalnya, bagi komisioner KPU RI periode berikut tentu butuh kepastian menyangkut rencana menaikkan honor panitia adhoc itu,” tukas Ilham Saputra.

Kemudian menyangkut peluncuran
hari pemungutan suara pemilu serentak 2024 malam itu, Ilham sangat berharap infomasi ini dapat diteruskan secara berjenjang sehingga pelaksanaan pemilu 2024 itu bisa diketahui masyarakat luas.

Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani yang mengikuti peluncuran hari pemungutan suara pemilu itu menyampaikan, dengan kegiatan yang diadakan KPU RI itu bisa tersosialisasikan dengan baik tentang hari pemungutan suara untuk pemilu 2024.

“Saya sangat berharap sosialisasi yang dilakukan KPU ini dapat diketahui masyarakat luas tentang berbagai kegiatan yang dilakukan KPU untuk persiapan pemilu nanti,” kata Yanuk.

Sejak kemarin para pegiat demokrasi mengganti profile di media sosialnya dengan gambar Pemilu 2024.

14 Februari dunia mengingatnya sebagai hari kasih sayang, tentu tahapan dan pas pelaksanaan demokrasi Indobesia dibingkai rasa kasih sayang pula, demikian harapan banyak anak milenial tentang 14 Februasi hari Pemilu dua tahun lagi. (ck)

Komentar