Presiden ‘Larang’ Wisata Keluar Negeri, Genius Umar: Allhamdulillah Pariaman Diuntungkan Sekali

Ekbis, straightnews415 Dilihat

Jakarta, — Walikota Pariaman Genius Umar termasuk pemimpin yamg spesial, bahkan Genius termasuk pemimpin daerah yang sering diundang Sekretariat Negara untuk bertemu presiden.

“Ya, kemarin saya hadir pada pertemuan kepala daerah dengan Presiden Bapak Joko Widodo (Jokowi), kehadiran kami atas undamgm Sekretariat Negara,” ujar Genius Umar, Jumat 30 September -2022 menginfoikan ke media di Padang.

Bahkan saat pertemuan dengan Jokowi, Jumat kemarin, Genius menyimak seksama, malah Walikota Pariaman ini mencatat entri poin dari pidato presiden di pertemuan kepala daerah tersebut.

“Dunia sekarang dalam kondisi sulit.  Ekonomi dunia sedang sulit semuanya, krisis pangan dunia, krisis energi,” ujar Genius Umar mereview pidato Jokowi kemarin di Istana Negara itu.

Presiden .juga menyoal tentang penyesuaian harga BBM, krisis finansial. Inflasi menjadi momok di setiap negara di dunia.

“Hadapi multi krisis dunia saat ini, kita harus kompak dan  bersatu. Sejak dari pusat sampai ke bawah termasuk kementrian, seperti kita mengurus covid-19. Kalau kompak semuanya, maka kita akan bisa melewati krisis ini,” ujar Jokowi

Baca Juga :  Puji Wako Pariaman, Agung Aditya Siapakah Dia...

Kalau di luar negeri masalah inflasi hanya diiurus satu institusi yaitu Bank Centralnya.

‘Tapi Indonesia harus berkolaborasi hadapi inflasi itu. Kita mesti jaga di ujungnya, seperti cegah inflasi bahan pangan, harga cabe merah, bawang merah, telur ayam,”ujar Presiden RI dua periode ini.

Sebab harga tinggi adalah karena supplaynya rendah. Karen itu supplay atau produksinya harus di tingkatkan.

Presiden RI juga berikan strategi hadapi kondisi krisis dan inflasi tinggi yaitu;

“Satu,, gunakan DAU dan belanja tidak terduga untuk memproduksi bahan pangan tadi. Kedua. urus ongkos transportasi dari produksi ke pasar.  Ongkos angkut ini menyebabkan harga naik, maka ongkos ini ditutup oleh Pemprov. Kalau antar propinsi.  Karena itu cek mana daerah yang harga produk pangan tertentu yang murah.  Beli oleh pengusaha untuk dijual di daerah kita. Pemda bantu kelebihan ongkos transportasi,”ujar Jokowi.

Baca Juga :  Ganasss.. 11 Aprill 2022, Mahasiswa Keluar Sarang,. Kepung.DPRD Sumbar

Terus harus lebih cinta dan bangga produk buatan Indonesia, produk UMKM dan koperasi supaya digunakan.

Ini efektif menekan angka inflasi dan meminimal dampak atas pengendalian harga BBM.

“Anak bangsa, kita-kita ini dan seluruh rakyat harus gunakan produk dalam negeri,” ujar Jokowi.

Jokowi: Wisatanya ke Dalam Negeri Saja

Presiden Joko Widodo di depan Kepala Daerah, Jumat 29 September 2022 di Jakarta. (gn)

Lalu, berwisata. jangan lebih banyak keluar negeri dibandingkan ke dalam negeri.

“Ajak masyarakat wisata di dalam negeri saja. Jangan devisa dibawa keluar negeri,” tegas Presiden Jokowi.

Menyikapi arahan Presiden Jokowi hadapi .multi krisis global, termasuk wisatanya ke dalam negeri tidak ke luar negeri, Walikota Genius menyebut peluang bagi kotanya.

“Tepat apa yang disampaikan Presiden Pak Joko Widodo di Istana itu. Bagi Kota Pariaman ajakan RI 1, wisata dalam negeri saja, ini peluang banget bagi Kota Pariaman,” ujar Genius Umar.

Baca Juga :  HM Nurnas, Wakil Rakyat Sumbar Peduli Petani dan Nelayan Piaman Laweh

Kota Pariaman telah menjadi ikon destinasi wisata di Sumatera, apalagi pembangunan di kota itu luar biasa untuk pariwisata terutama wisata bahari dan kuliner.

“Kalau ke Pariaman wisata ya jelas devisa RI tidak keluar. Ajakan Pak Joko Widodo, Jumat kemarin bagi daerah wisata seperti Pariaman  diuntungkan, sekali,”ujar Genius. Umar.

Terkait pengendalian multi krisis dunia, terjadi kmiskinan ekstrim, negara yaitu pusat sampai ke. kota dan kabupaten harus hadir.

“Lakukan data by name by addres. Data Lingkungan, air bersih, dan lain-lain harus digarap dengan baik. Arahkan Bansos untuk perbaikan rumah-rumah kumuh. itulah kita kompak bareng-!bareng menuju sasaran yang kita inginkan,” ujar. Presiden. (dri)

Komentar