Putuskan PLT PWI Sumbar, PWI Pusat Ada Apa?

straightnews712 Dilihat

FIXSUMBAR — PWI Pusat tindaklanjuti soal Konferprov PWI Sumbar yang memilih ketuanya Basril Basyar (Pak BB) memutuskan PLT Ketua PWI Sumbar dampak status ASN ketua terpilih.

Peserta Konferprov PWI Sumbar Almudazir justru heran atas sikap mem-PLT-kan PWI Sumbar.

“Ketua PWI Pusat Atal Depari Sembiring itu hadir di Konferprov PWI Sumbar 23 Juli 2022. Soal dua periode dan status ASN, saat dua periode ‘fatwa’ Ketua PWI Pusat boleh, soal ASN ada pernyataan Pak BB telah mengajukan berhenti dari ASN, semua peserta oke, lalu dilakukan pemilihan Pak BB meraih suara terbanyak, setelah itu kok pro kontra lagi?,”ujar Almudazir.

Baca Juga :  Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar Hadir di Halal bi Halal PWI Sumbar

Alasan diungkap Dewan Kehormatan melanggar Kode Perilaku Wartawan Pasal 16 Ayat 2 yang melarang ASN menjadi wartawan kecuali yang bekerja di lembaga pemerintah yang berkaitan dengan jurnalistik yakni LPP RRI, LPP TVRI dan LKBN Antara.

Berkaitan dengan penilaian Dewan Kehormatan, maka PWI Pusat menunjuk pelaksana tugas (PLT) untuk melaksanakan tugas, Kamis (4/8/2022), namun siapa orangnya juga tidak jelas.

Anehnya, Atal Depari malah tidak mempertahankan argumentasinya dalam rapat PWI Pusat tersebut, dan sepakat untuk menunjuk PLT, dalam melaksanakan roda organisasi PWI Sumbar.

Baca Juga :  Jelang Konferda PWI, Ucok Ancang-ancang Rebut PWI Sumbar I

“Karena belum bisa dilantik maka sementara PWI Sumbar akan dipimpin PLT,” kata Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dikutip dari banyak berita terbit hari ini.

Pernyataan Atal Depari membuat polemik di Sumbar, karena sebentar lagi menghadapi Porwanas, sementara terjadi penundaan pelantikan dengan alasan pelanggaran aturan.

Dia juga menambahkan, kalau Konferprov dibatalkan dengan rapat pengurus PWI Pusat saja, jelas pelanggaran aturan, karena itu tidak tertuang dalam AD dan ART.

“Jangan memutuskan sepihak, jika dalam Konferprov sudah dinyatakan tidak ada pelanggaran, maka PWI Pusat harus mencari solusi lain dengan melakukan dialoq pada pihak-pihak yang bersengketa, bukan serta merta menunjuk plt, berakibat terhambatnya program yang sudah ada,” tambah Almudazir.

Baca Juga :  Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Mentawai periode 2023 -2026

Saat ini PWI Sumbar “galau” karena PWI Pusat tidak tegas dalam melaksanakan keputusan konferprov, bisa mengakibatkan hilangnya rasa kepercayaan pada pimpinan pusat.

“Selaku peserta Kongerprov PWI Sumbar, saya minta kalau final PWI Sunbar di-PLT-kan, silahkan, tapi PLT ketuanya jangan di tarik ke PWI Pusat, tetapkan saja PLT Ketuanya Ketua DKD terpilih hasil Konferprov untuk enam bulan kedepan itu,” ujar Almudazir.(***)

Komentar