Ramal Saleh dan Subham Sing Bahas Ekspor Langsung dari Teluk Bayur-India

Ekbis, straightnews368 Dilihat

FIXSUMBAR –Pertemuan Ketua KADIN Sumbar Ramal Saleh dengan Mr. Subham Singh Konsulat Jendral (Konjen) India di Medan membahas terobosan ekspor langsung Teluk Bayur ke India.

Pertemuan Ketua Kadin Sumbar Ramal Saleh dengan Konjen India tersebut diawali silahturahmi dan perkenalan pengurus Kadin Sumbar yang hadir  saat itux seperti Saleh, Nasirman Chan Hasrin Mansyur, Mona Sisca dan Marta Gunawan.

Konsul Jenderal India, Mr. Subham Sing mengatakan bahwa dia baru kali ini ditugaskan di Indonesia dan berkunjung ke Kota Padang.

Mr. Subham Sing menyampaikan keinginannya untuk membangun kerjasama timbal balik dengan pihak Kadin Sumatera Barat, terutama di bidang perdagangan, baik komoditi ekspor produk-produk Indonesia ke India maupun sebaliknya.

Ramal Saleh selaku menyambut baik keinginan Mr. Subham Sing. “Momentum pertemuan yang baik ini kami (Kadin Sumbar) berharap agar pengapalan (shipment) komoditi ekspor langsung dari Sumatera Barat ke India dan sebaliknya,” ujar Ramal Saleh dalam dialog oakai hahasa inggris, Jumat 18 Februari 2022.

Ekspor langsung atau direct call melalui Teluk Bayur Seaport di Padang langsung ke Chennai Seaport di India.

“Vice-versa, dengan pertimbangan cost akan jauh lebih murah dengan waktu lebih singkat lebih kurang 3 atau 5 hari, “ujar Ramal

Harapan Ketua Kadin Sumbar tersebut disambut Konsul Jenderal India dan berjanji akan meneruskan ke jajaran yang lebih tinggi pemerintah kedua negara.

Sebagai tindaklanjut dari hasil pembicaraan sore tadi itu. Mr. Subham Sing akan mengkoordinir dilakukannya pembicaraan resmi kedua-belah pihak secara virtual zoom, dijadwalkan pada Senin 21 Februari 2022.

“Pada virtual meeting tersebut kami akan mengajak Perwakikan Pemerintah India terkait juga para pelaku usaha India, Shipping Operator India, dan Business terkait lainnya,” ujar Subham Sing.

Sementara Kadin Sumbar akan mengundang Diperindag Provinsi Sumbar, GM Pelinda II, GM Samudera Indonesia dan Ketua Assosiasi Pelayaran

“Juga tentunya diikuti Wakil Ketua Umum kadin Sumbar ikut dalam vurtual zoom dimaksud, antara lain; WKU Bidang Perizinan, Investasi dan Hubungan luar negeri, Bidang Perdagangan dan Industri, Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Bidang Pertanian, Perhubungan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Informasi dan Tekhnologi digital, Litbang dan Kajian dan bidang Energy Sumber Daya Mineral,”ujar Ramal.Saleh didamping Nasyirman Chan. (sis)

Komentar