Ricky Donals Optimis Pemilu Bermartabat dan Badunsanak Terujud di Sumbar

Politik138 Dilihat

FIXSUMBAR, – Masa Kampanye telah dimulai, sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Banyak pihak memperkirakan akan terjadi gesekan hebat atau bisa perpecahan mendalam di masyarakat terkait calon jagoan mereka masing-masing.

Bahkan di Sumbar gejala itu sudah mulai meruncing, baliho sebagai alat peraga kampanye resmi sudah banyak yang dirobek oleh orang tak dikenal.

Meski begitu, tokoh masyarakat yang juga pengusaha di Jakarta H Ricky Donals Datuk Paduko Marajo berharap masa kampanye Pemilu 2024 tidak menggerus demokrasi badunsanak dan bermartabat di tanah minangkabau.

Baca Juga :  Guspardi Gaus : Netraliatas ASN Dukung Demokrasi Berkualitas

“Saya tidak yakin kampanye ini akan memecah belah masyarakat di Sumbar. Karena saya yakin masyarakat Sumbar itu tingkat kedewasaannya menyikapi perbedaan lebih tinggi dibandingkan masyarakat daerah lain,”ujar Ricky Donals saat bincang media melalui teleconference dengan wartawan di Padang, Jumat 1/12-2023.

Apalagi kata Ricky di Sumbar ada petuah Minang mengatakan kusuik bulu ayam paruah juo ka manyalasaian.

“Orang kampung saya (Sumbar,-red) untuk berdebat jangan ditandingi lah. Tapi karena perbedaan lalu basisarak (pecah belah) itu tidak tipe urang awak dalam berdemokrasi,”ujar Ricky.

Baca Juga :  Pindah Memilih, Medo Patria: Ini Syaratnya !!!

Sehingga itu Dt Ricky berharap masa kampanye menjadi momen penting bagaimana orang Sumbar memaknai perbedaan sebagai sebuah pengayaan dalam olah pikir

“Silahkan terangkan senter kita tapi jangan gelapkan pula senter kawan. Pemilu adalah wadah konstitusi rakyat dalam memilih pemimpin dan wakilnya di lembaga legislatif,”ujar Dt Ricky.

Bahkan kata Ricky Donals akan lebih hebat lagi kalau pemilu mampu menggairahkan perekonomian masyarakat.

“Ada banyak event dan pola kampanye yang bagi masyarakat Sumbar adalah jualan kreativitas untuk menggairahkan perekonomian lewat cara sesuai ketentuan kampanye itu sendiri,”ujar Dt Ricky.

Baca Juga :  Rekomendasikan H. Alex Indra Lukman Jadi anggota DPR RI Sumbar 1

Dan kepada peserta pemilu atau pun tim kampanye Paslon Capres-Cawapres tentu harus menjadi garda terdepan memastikan pemilu 2024 lebih bermartabat di tanah Sumbar.

“Jangan kepo dan baper dalam mengkampanyekan calonnya, kalau ada yang menggerus nilai demokrasi yang ideal, harap selesaikan dengan kepala dingin. Ingat kita orang Minang bersaudara, dan tidak akan putus karena perbedaan pilihan,”ujar Dt Ricky, mari kita sambut pesta demokrasi ini dengan penuh kegembiraan.(*)

Komentar