Sabar Warga Padang, Proses Pemilihan Wawako Masih Lama

Politik, straightnews447 Dilihat

KlikSumbar — Kesabaran publik Padang akan siapa pengisi kursi kosong Wakil Walikota (Wawako) Padang masih lama dan ini adalah ujian kesabaran.

Regulasi mengatur pengganti Wakil Walikota yang kosong sejak Hendri Septa dilantik menjadi Walikota harus ada dua calon, bisa dari masing Parpol pengusung yakni PAN-PKS. Bisa juga dari satu Parpol pengusung, namun harus ada syaratnya.

“Tidak bisa bertepuk sebelah tangan, harus ada dua calon, bisa dari masing Parpol bisa juga dari satu Parpol, untuk satu Parpol harus ada kesepakatan DPP ke dua Parpol,” ujar Ustad Mulyadi Muslim yang disebut mendapat rekomendasi Cawawako dari PKS, Kamis 17 Februari 2022.

Baca Juga :  Wawako Padang Terima 1,69 Triliun Alokasi TKD Tahun Anggaran 2024

Tapi Ust Mulyadi Muslim mengatakan saat ini belun terjadi pertemuan dua Parpol pengsung walikota dan wakil walikota pada Pilkada Padang dulu.

“PAN dan PKS berlum bertemu baik tingkat pusat maupun di Kota Padang sendiri,” ujar Mulyadi Muslim.

Artinya tanpa proses begitu, Walikota Hendri Septa tidak bisa selonong boy mengantarkan surat usulan Calon Wawako dari satu Parpol. saja ke DPRD.

“Itu bertentangan dengan regulasi,” ujar Mulyadi Muslim.

Sentara PAN sendiri telah memutuskan Cawawako Padang Ekos Albar bahkan surat keputusan DPP PAN sudah diantar DPW PAN ke Walikota dan DPRD Padang.

Baca Juga :  Manjakan UMKM, Pemko Gelar Latihan Marketing, Dibuka Ekos Albar

Jika tak ada kesesuaian maka desakan isi kursi kosong Wawako Padang, publik masih harus bersabar lebih lama lagi.

Pertanyaan publik, kok PKS tak serahkan keputusan DPP PKS ke Walikota padahal PAN sudah usung satu nama Cawawako yakni H Ekos Albar.

Dari tracking digital, sebelum ini, desakkan isi kursi kosong justru datang dari PKS bahkan ada berita Gubernur Mahyeldi juga mendesak proses pemilihan Wakil Walikota Padang disegerakan.

Gubernur Sumbar bahkan sudah menyurati Walikota Padang agar dilakukan proses pemilihan wakil walikota yang kosong, karena sisa masa jabatan walikota-wakil walikota masih lebih dari delapan belas bulan.

Baca Juga :  Wawako Padang Instruksikan Tindakan Penting Menghadapi Ancaman Kenaikan Inflasi

Mulyadi Muslim adalah milenial nan religius merupakan tamatan Timur Tengah. Mulyadi Muslim putra Lima puluh Kota adalah figur yg pas untuk mendamping Hendri Septa, namun demikian siapapun yang mendampingi Hendri Septa tentu ditentukan oleh hasil pemilihan yg dilaksanakan oleh anggota DPRD Kota Padang.

Begitu komplitnya persoalan di kota padang maka gubernur menyurati Wako Padang untuk menjalani proses pemilhan Wawako. Gubernur yang sekaligus ketua DPW PKS, tentu tidak ingin bola mati di kakinya.(adt)

Komentar