Setwan Informatif, Sekwan jadi Tokoh Keterbukaan Informasi Publik

Sosok, straightnews316 Dilihat

FIXSUMBAR — Sejak Komisi Informasi Sumbar menganugerah Achievement Motovation Person (AMP) Award tidak banyak tokoh yang bisa menggenggamnya.

Penilaiannya terukur dan berdasarkan statistik, antara lain, mampu meraih prediket informatif berturut-turut, membuat lonjakan hebat, sangggup hadir di sidang sengketa informasi publik serta punya niat, komitmen dan konsisten mewujudkan keterbukaan informasi publik pada badan publik yang dipimpinnya.

Seperti Sekretariat DPRD Sumbar H Raflis pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (AKIP) 2022 persembahan Komisi Informasi Sumbar di akhir periodenya, Raflis menjadi bintang pentas anugerah tersebut.

Baca Juga :  Putusan Komisi Informasi Bisa Digugat ke PTUN

“Ini berkat kerja tim PPID di Setean DPRD Sumbar, sebagai pimpinan saya memberikan arahan dna kelleuasaan dalam berimprovisaai dan berinovasi, juga komunikasi intens dengan Komisi Informasi Sumbar serta kawan-kawn pers ynag meliput di DPRD Sumbar, sehingga Setwan sebagao pelayan wakil rakyat mematrikan tidak ada informasi publik yang tidak terbuka,”ujar Raflis kepada pers, Selasa 13 Desember 2022 di Padang.

Pada AKIP 2022 kemarin di Truntum. HotelSekretariat DPRD Sumbar menyabet tiga penghargaan yaitu, Badan Publik Informatif, Juara I Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumbar Informatif, dan Sekwan DPRD Sumbar, Raflis SH menerima Achievement Motivation Person (AMP) Award.

Baca Juga :  KI Sumbar Dorong PT Balairung Aktifkan PPID

“Untuk kategori OPD Informatif Juara III diberikan kepada Dinas Lingkungan Hidup Sumbar. Juara II di berikan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Sumbar,” ujar Ketua Panitia Monev KI Sumbar Arif Yumardi Senin 12 Desember 2022.

Sekretariat DPRD Sumbar, jadi sati dari 24 badamn publik berlabel INFORMATIF sertifikatnya lansung diserahkan gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah di dampingi Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyudha dan Ketua KI Sumbar Noval Wiska dan Anggota DPRD Sumbar HM Nurnas.

Baca Juga :  Tuntas Fit and Proper Test, 15 Calon KI Sumbar 'Badampuang'

Sekretaria DPRD Sumbar, Raflis SH, mengatakan penghargaan ini adalah bentuk komitmen kesekretariatan dewan dalam memberikan informasi kepada publik.

“Ini adalah bentuk dari kinerja Sekwan dalam menginformasikan kinerja – kinerja anggota dewan kepada publik atau konstituen yang diwaklinya,” ujar Raflis.

Di hadiriĀ  empat kepala daerah, Benny Utama (Pasaman), Khairunas (Solok Selatan), Sutan Riska (Dharmasraya) dan Walikota Padang Panjang Fadly Amran, Rektor UNP Prof Ganefri. Tiga Sekda, Iqbal (Tanah Datar) Martias Wanto (Bukittinggi) dam Mawardi (Pessel).(ndri)

Komentar