Share Trick Demi Green Talao Park Jawara ADWI 2022

Indeptnews, Komunitas619 Dilihat

FIXSUMBAR –Tim Pemberdayaan dan Pengembangan (TPP) Desa Wisata Sumatera Barat bergeeak bagi trick ke  Green Talao Park (GTP) Ulakan di Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman.

GTP masuk 3 Desa Wisata di Sumbar di 50 nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2022) Kemenparekraf RI,

TPP DEWI Sumbar ke GTP bersmaa Plt Kepala Dinas Pariwisata Padang Pariaman, M.Fadli  beserta founder GTP Ulakan, Septiadi Kurniawan dan ketua Bamus Ulakan Sahrul, Senin 8 Mei 2022 sore.

Selain destinasi wisata pantai yang sangat indah dengan pohon pinago rindang ada juga potensi agrowisata nya yang terkenal yaitu buah nipah.

Nipah sejenis palem yang tumbuh di lingkungan hutan bakau atau daerah pasang-surut dekat tepi laut. Rasanya mirip daging kelapa muda dan khasiatnya sebagai anti oksidan, daunnya bisa untuk linting rokok, dan bisa untuk alas atap rumah.

Tidak hanya keindahan pesisir pantai yang bisa dinikmati di GTP Ulakan ini, ada rumah pohon yang bisa di naiki oleh 10 orang dan jika air pasang ada track jalur kano bisa dilalui sepanjang area GTP Ulakan ini.

Baca Juga :  Andre.. Doakan Zuhrizul Terpilih DPR RI Agar Wisata Sumbar Berdampak

Dengan tiket Rp 5 ribu saja pengunjung sudah bisa menikmati berbagai fasilitas menarik yang disuguhkan pengelola desa wisata GTP ini.

Di sela sela kunjungan Koordinator tim TPP Dewi Sumbar, Zuhrizul yang akrab dipanggil Maetek memberi masukan mengenai penunjuk arah ke lokasi GTP agar mempermudah akses untuk pengunjung.

“Saat Menteri Menparekraf Sandiaga Uno datang nanti agar diadakan festival kuliner seafood khas minangkabau. Dan jangan lupa untuk lebih menonjolkan keindahan lokal dari DEWI GTP Ulakan ini,” ujar Maetek.

Yulviadi dari bidang Ekraf TPP menyebutkan perlu adanya sentuhan branding di setiap sudut lokasi dengan cara memberikan spot view foto atau memberi merchandise tradsional hingga membuat event sendiri guna menarik kunjungan.

Bundo Wati juga menyototi sampah, karena CHSE kata Bundo Wati nilainya tinggi.

“Kita harus nyinyir soal sampah. Perlu toa berupa rekaman himbauan untuk menjaga kebersihan dan tidak buang sampah sembarangan dan Setiap sore rutin sampah di bersihkan secara berkala,” ujar Bundo Wati.

Baca Juga :  Potensi Spot Wisata Super Lengkap di Bukik Sungkai, Kota Padang

“Simbol waoo nya desa wisata GTP harus ada di sana, jadi harus ada icon nya yg menjadi magnet untuk kunjungan wisata” tambah Kiwi tim Ekraf TPP DEWI Sumbar

TPP DEWI Sunbar membidangi Media dan IT, Mona Sisca mengatakan Medsos bisa dimanfaatkan sebagai kunci promosi yang efektif untuk Desa Wisata,  GTP Ulakan.

” Jika masyarakat sudah memviralkan keindahan desa wisata melalui akunnya baik itu Instagram, Tik Tok maupun Facebook, maka bukan tidak mungkin kunjungan akan meningkat karena nitizen jadi kepo dan ingin merasakan secara langsung keindahan desa wisata GTP Ulakan ini”ujar Mona.

Menurut Delmi Wardi dari Bidang Spot Turism TPP DEWI Sumbar, Green Talao Park menjadi rute tujuan pecinta sepeda khususnya assosiasi sepeda rekreasi indonesia (ASRI).

“Tempat ini bagus dijadikan tempat event sepeda bertepatan dengan kedatangan pak menteri nanti. Potensi parkir GTP cukup luas dan itu sangat menguntungkan kunjungan komunitas pesepeda. Tracking nya juga bagus dan bisa juga untuk tracking jalan pagi”. ungkapnya.

Baca Juga :  Harus Ada Sindikasi Dana Pokir DPRD dan Gubernur untuk Buka Jalan Alternatif Baru

Hal senada juga diungkapkan Elvis Kasmir, yaitu bagaimana paket desa wisata GTP Ulakan bisa menggaet turis, apalagi GTP ini punya lokasi yang bagus dekat Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sehingga pengunjung yang landing bisa melihat kebawah dan tertarik untuk mengunjunginya.

“Kita bisa buat paket wisata menarik dengan cost yang ringan namun tetap dengan kemasan elegant” ujarnya.

Dalam pertemuan itu Adi founder GTP Ulakan beserta Plt Kadispar Padang Pariaman M.Fadli sangat antusias menerima masukan dan sharing trick dari tim TPP DEWI Sumbar.

“Ini berupa masukan berharga dan PR bagi kita semua agar GTP Ulakan bisa lolos menjadi Jawara ADWI 2022 nanti” tutup Kadis Fadli.

Dua DEWI di Sumbar masuk nominasi selain GTP Ulakan, DEWI Silokek di Sijunjung dan DEWI Pariyangan di Tanah Datar. (rilis/tpp)

Komentar