Silaturahmi tak Memantang dari Kombes Satake Bayu

straightnews93 Dilihat

FIXSUMBAR — Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto lama bertugas di Polda Sumbar jabatan terkahirnya Kabid Humas, Juli Kombes Satake pindah tugas ke Polda Bali sebagai Kabid Humas.

Tapi soal Satake Bayu dia sosok yang tidak memantang. menjaga silaturahmi, terbukti saat rombongan Studi Tiru Perhimpunan Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (PJKIP) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar ke Bali, sesampai di Bandara I Ngurah Rai Denpasar, tak memantang untuk menjaga silaturahmi terbukti.

“Pak Satake itu sosok penjaga silaturahmi yang tidak memantang, hubungan sama pers selalu dia bina meski tidak bertugas lagi di Sumbar,” ujar tokoh pers Sumbar Novrianto, Rabu 23/11-2022.

Adapun Kombes Satake Bayu, demikian sapaan akrab lulusan Akpol 1992 ini, sebelum pindah ke Polda Bali, menjabat Kabid Humas di Polda Sumbar, dan dikenal dekat dengan jurnalis di Sumbar.

Tidak banyak berubah, di tengah kesibukan Kombes Satake Bayu yang padat di Polda Bali, dia sempatkan untuk menyambut kedatangan 29 orang jurnalis yang tergabung di PJKIP dan 7 orang dari KI Sumbar dengan ramah dan penuh keakraban.

Sebelum menuju hotel, Kombes Satake Bayu menjamu rombongan makan di sebuah rumah makan khas Bali dengan menu ayam betutu.

Setelah makan, PJKIP dan KI Sumbar menyerahkan Penghargaan kepada Kombes Satake Bayu, selaku Kabid Humas Polda Bali, atas Komunikasi Aktif dan Informasi yang Terbuka selama KTT G20 pada tanggal 15-16 November 2022 yang baru lalu. Selain Piagam Penghargaan, turut disampaikan juga oleh-oleh khas Padang.

Menurut Ketua KI Sumbar Nofal Wiska, dengan suksesnya pelaksanaan KTT G20, dari sisi keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Polda Bali ke publik, patut diapresiasi.

“Kita ikut mengamati, peran  pak Kabid Humas Polda Bali, yakni Pak Kombes Satake Bayu yang menjadi penyampai informasi saat pelaksanaan KTT G20, baik ke media maupun ke publik, beliau lakoni secara maksimal. Makanya layak diberi penghargaan,” ujar Nofal, diamini Ketua PJKIP Sumbar Gusriyono dan Devi Astina dari Kominfotik Sumbar.

Kombes Satake Bayu disebut begitu mengucapkan terima kasih, dan kerinduannya bertemu kembali dengan rekan-rekan jurnalis dari Sumbar terbayar sudah, apalagi ditambah adanya oleh-oleh khas Padang.

“Terima kasih penghargaannya, semoga ini menjadi penyemangat bagi kami dalam bertugas di Polda Bali,” tukas Kombes Satake Bayu.

Pada kesempatan makan tersebut, turut hadir Brigjen Pol Wisnu Andayana, yang saat ini menjabat Kepala BNNP Kalimantan Selatan, Wisnu dulu menjadi Kapolresta Padang 2013, yang kebetulan ada acara di Bali.

Rencananya rombongan Studi Tiru PJKIP dan KI Sumbar, Kamis 24/11-2022, akan bertemu dengan KI Bali dan Kominfo Bali, serta audiensi dengan Kapolda Bali difasilitasi Kombes Satake Bayu, dalam upaya menggali apa yang dilakukan dalam penerapan keterbukaan informasi publik, sesuai dengan kearifan lokal di Bali.(ndri)

Komentar