Soal Wawako Padang, Bola Mati tidak di PAN

Politik, straightnews393 Dilihat

FIXSUMBAR — Kursi kosong Wakil Walikota Padang terus lezat di konsumsi publik, apalagi prosesnya tak pernah bergeser ke DPRD Kota Padang. Kini bola mati soal Wawako Padang tidak di PAN.

“Saya pastikan tidak di PAN lagi, bahkan sejak Agustus 2021, DPW PAN sudah memprosesnya. Kini keputusan DPP PAN atas nama saudaraku H Ekos Albar sudah diserahkan ke Walikota Padang,” ujar Ketua DPW PAN Sumbar Indra Dt Rajo Lelo, Kamis 24 Februari 2022 malam.

Terus dimana lagi macetnya proses isi kursi kosong Wakil Walikota Padang itu. Indra Dt Rajo Lelo tidak mau menjawab yang tidak wewenangnya. DPW PAN soal kursi kosong Wakil Walikota Padang telah menyelesaikan tugasnya.

Baca Juga :  Arisal Aziz Nyatakan Maju Caleg DPR-RI Dari PAN

“Kalau mau ambil untung besar politik, tak perlu PAN memproses kursi kosong Wawako yang hampir satu tahun sejak saudara ku Hendri Septa dilantik Gubernur Sumbar sebagai Walikota Padang. Pak Walikota Padang itu kader terbaik PAN dan Ketua DPD PAN Kota Padang. Hiitungan politik kedepan kami untung sekalipun tanpa wakil walikota,” ujar Indra Dt Rajo Lelo yang juga pimpinnan DPRD Sumbar itu.

Tapi berpolitik apa harus seperti itu, kesampingkan aspirasi publik dan Parpol mengindahkan UU tentang kepala. daerah untuk untung belaka, Indra pastikan tidak.

Baca Juga :  Hendri Septa Gagal Kawal Kebijakan DPP PAN

“PAN tidak mau begitu, PAN menuntaskan proses isi kursi kosong, untuk menghormati aspirasi masyaeakat Padang tengzang kebutuhan wakil wlaikota, menghormati UU, dan sekaligus menjawab desakan PKS serta surat Gubernur Sumbar 2021 lalu soal proses pemilihan Calon Wakil Walikota Padang. Satu lagi Parpol adalah pelaksana┬á UU tentang kepala.daerah,”ujar Indra Dt Rajo Lelo.

Begitu DPP PAN memutuskan H Ekos Albar sebagai Calon Wakil Walikota, tak menunggu lama kata Dt Indra, pihaknya sudah sampaikan ke Walikota Padang.

“Jika PKS masukan surat juga maka Walikota akan segera pula serahkan ke dewan. Terserah DPRD yang memilih, DPRD yang punya hak preogratif dikasih UU untuk menetukan siapa peraih suara terbanyak dari calon wakil walikota itu,” ujar Indra.

Baca Juga :  Head to Head Pemilihan Wakil Walikota di DPRD Padang, Segera!!!

Tapi, sepertinya PAN boleh saja tuntas memprosesnya namun harapan masyarakat Kota Padang untuk memiliki Wakil Walikota (Wawako) dalam waktu dekat, tampaknya mesti pasang ‘kesabaran tingkat dewa’ kembali.

Dua nama sudah mengapung awal Februari 2022, PAN H Ekos Albar serta PKS Ust Mulyadi Muslim. Info beredar baru satu calon dikantong Walikota Padang Hendri Septa yaitu H Ekos Albar.

Kabarnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Padang menarik kembali H. Mulyadi Muslim yang sebelumnya sudah ditetapkan Ketua Dewan Syuro DPP PKS. (adr)

Komentar