Sosok Wagub Mahyeldi ‘Colek’ Vasko

Politik, straightnews113 Dilihat

FIXSUMBAR –- Viralll, Pilkada Sumbar November 2027, Calon Petahana Mahyeldi akan tinggalkan Wagub Petahana Audy, benarkah itu?

Sekretaris Umum DPW PKS Sumatera Barat (Sumbar) Rahmat Saleh buka suara, dia menyentil siapa sosok Cawagub mendampingi Mahyeldi pada Pilkada 27, sentil Rahmat seperi colek Vasko Ruseimy.

Anggota DPR RI terpilih dan Insya Allah pelantikan 1 Oktober 2024 Rahmat Saleh mengatakan, saat ini sosok yang akan mendampingi Mahyeldi masih dalam tahap proses, dan masih diproses komprehensif di PKS.

“Tentunya banyak kandidat yang kira-kira bisa mendampingi Buya (Mahyeldi). Pintu PKS terbuka lebar. Tapi, yang jelas ada beberapa hal yang mungkin menjadi perhatian serius sebagai pendamping Buya,” kata Rahmat di Padang, Selasa 4/6-2024.

Baca Juga :  Mahyeldi-Supardi Bersua, Terbantahkan Komunikasi dengan DPRD Jelek

Ada sejumlah kriteria yang ditetapkan PKS untuk mendampingi Mahyeldi. Pertama soal usia, di mana harus kombinasi usia antara Mahyeldi dengan wakilnya.

“PKS mengisyaratkan pendamping Mahyeldi adalah sosok anak muda. Buya ini, cenderung beliau (adalah) sosok yang dewasa, kemudian matang ya. Kita mencari pendamping beliau yang mewakili anak-anak milenial,”ujar Rahmat Saleh.

Lanjut Rahmat yang tidak kalah penting adalah soal geopolitik atau daerah calon Wagub berasal.

“Ini juga kita perhatikan, agar bisa mewakili berbagai representasi daerah di Sumbar, (misal) Buya dari Agam dan Kota Padang, tentu kita cari wakil kalau bisa menambah suara dari sektor (daerah) lain,” katanya.

Baca Juga :  Rahmat Saleh Ungkap Ideologis dan Biologis Milenial Sumbar itu Coblos Anies Baswedan

Kemudian dicari PKS, Cawagub yang memiliki pengetahuan dalam mengikuti perkembangan zaman.

“Terkait kemampuan leadership, dan inovasi, tentu sekarang dengan perkembangan teknologi. Kita berharap pendamping beliau bisa melengkapi dari sisi itu,” jelasnya.

Terakhir yang paling penting, memiliki kendaraan politik, termasuk berpengalaman dari berbagai organisasi.

“Sehingga ajang Pilgub (Sumbar) ini bukan (jadi) ajang coba-coba tapi melahirkan pemimpin-pemimpin yang siap, dan matang untuk memimpin Sumbar setelah Buya Mahyeldi,” kata Rahmat.

Rahmat Saleh keluarkan berbagai indikator, tapi banyak pihak menyebut apa yang ditebar Anggota DPRD Sumbar dan DPR RI terpilih dari Dapil Sumbar I itu seperti mencolek Vasko Ruseimy.

Baca Juga :  Lantik Gema Keadilan se Sumbar, Mahyeldi Pesankan Ini..

Vasko beberapa hari ini mulai jadi perbincangan setelah dideklarasikan maju Pilkada Sumbar oleh Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade.

Vasko masih muda tapi termasuk disegani di Partai Gerindra juga memiliki kekuatan jaringan ke pusat kekuasaan.

Vasko juga mulai menancapkan baliho di banyak lokais strategis dengan kata tertulis di baliho itu Vasko Bismillah

Selain itu media ini mengendus pembicaraan elite PKS  dengan Gerindra juga menandai dua Parpol pernah suara terbanyak di Sumbar ini berkoalisi. (dri)





Komentar