Tunjukan Ranah Sumbar Baik, Pelaku UMKM Stop Pakuak Wisatawan

Padang,— Cerita klasik setiap momen lebaran, para wisatawan ke berbagai destinasi wisata di Sumbar, sering kena pakuak harga dipatok semaunya oleh oknum UMKM.

Anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Rahmat Saleh menghimbau kepada pelaku usaha, UMKM, dan pengelola wisata untuk menerapkan sistem transparansi dalam penetapan tarif maupun harga barang-barang menjelang libur Lebaran 2024.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kepastian kepada perantau dan wisatawan yang akan kembali ke kampung halaman.

“Kita sampaikan kepada pelaku usaha, UMKM, dan pengelola wisata agar menerapkan sistem transparansi dalam penetapan tarif maupun harga barang-barang yang akan dijual belikan,” ujar Rahmat Saleh di Padang, Jumat 5/4-2024.

Baca Juga :  Ini Dia Sosok Captein TEAM AMIN Sumbar, Muda Alumni UNAND

Lebih lanjut, Rahmat Saleh berharap dengan adanya transparansi ini, pemudik akan merasa nyaman dan yakin bahwa mereka tidak akan ditipu atau dikenakan harga yang tidak wajar.

“Kita ingin pemudik merasa nyaman dan yakin bahwa mereka tidak akan ditipu atau dikenakan harga yang tidak wajar,” imbuhnya.

Di samping itu, Rahmat Saleh juga berharap perantau asal Sumbar dapat menikmati Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini dengan penuh kebahagiaan.

“Harapan kita bagi perantau Sumatera Barat tentu kita berharap Ramadhan dan Idul Fitri hari ini adalah Idul Fitri yang menggembirakan,” tuturnya.

Selain menghimbau transparansi harga, Rahmat Saleh juga memaparkan beberapa persiapan yang telah dilakukan untuk menyambut mudik Lebaran 2024.

Baca Juga :  Bahaya Pemilih Terpukau Subjek, Rahmat Saleh: Ide dan Gagasan Kosong

“Yang pertama, kita sudah memantau dan berkoordinasi dengan pihak terkait baik Dinas Perhubungan, PU, dan Lantas Kepolisian Sumatera Barat. Ini sudah dilakukan beberapa simulasi terkait dengan memperlancar arus mudik, di mana kita berharap simulasi yang dibuat, baik itu pengaturan arus lalu lintas ke arah Padang-Bukittinggi, kemudian jalur Malalak itu diharapkan bisa dilakukan dengan sempurna,” paparnya.

Rahmat Saleh juga berharap kepada semua dinas terkait untuk memastikan infrastruktur, baik fasilitas perumahan publik itu berada dalam kondisi baik dalam menyambut para pemudik yang akan pulang.

Baca Juga :  PKS Sumbar Kerap Dihujani Kritik Andre Rosiade, Rahmat Saleh : Itulah Politik Kita Hari Ini

“Kemudian kita menghimbau kepada pemudik agar berkendara dengan kendaraan yang layak, kemudian memastikan kondisi kendaraan yang akan dibawa dalam kondisi baik, kemudian surat-surat lengkap,”ujar Rahmat Saleh yang menunggu penetapan KPU dan pelantikan sebagai Anggota DPR RI 2024-2029.

Rahmat Saleh juga memberikan tips kepada para pemudik agar perjalanan mudik Lebaran 2024 aman dan nyaman.

“Kemudian juga kita berharap para pengemudi itu memastikan kondisi badan yang fit, dan jangan ragu untuk melakukan konsultasi di posko-posko yang dibuat oleh pemerintah, baik dalam konsultasi kesehatan, istirahat, dan lain-lain sehingga tidak ada kendala dalam perjalanan,” tuturnya.(dri/rls)

Komentar