Tuntas, Bantuan Gempa Tahap awal Gebu Minang 

Opini, Sosial801 Dilihat

Oleh: Ilhamsyah Mirman (Founder Ranah Rantau circle, Pengurus GM Sumbar)

‘..Usah tabang sumbarang tabang..

Jikok nak takuik datang galodo..

Urang kampuang sawah jo ladang..

Nan taniayo….’

 

DENGAN suara nge’bas’ penuh mimik nan menjiwai lagu karya musisi legendaris Tiar Ramon, Walikota Pariaman Genius Umar menyapa tamu dengan penuh keakraban, di Safari Kitchen, pantai Pariaman tadi malam.

Bersama pengurus DPP Gebu Minang yang dipimpin Waketum Mayjen Pol. (Purn.) Marwan Paris, didampingi sejumlah jajarannya silih berganti tampil keatas panggung, unjuk kebolehan bertukar lagu.

Tampak Ketua Gebu Minang (GM) Wilayah, di antaranya Ketua GM DKI Jakarta Irjen pol (Purn.) Syafrizal Akhiar, Ketua GM Jawa Barat Asril Das, bersama pengurus dari Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Jawa Timur, larut dalam kebahagiaan. Tuntas satu amanah menunaikan tugas kemanusiaan.

Baca Juga :  Alirman Sori Sebut Fadly Amran Masuk Bursa Caketum Gebu Minang

Bantuan untuk penyintas gempa bumi di Pasaman dan Pasaman Barat baru saja selesai di antar ke posko. Bupati Pasbar Hamsuardi menyambut rombongan di teras rumah dinas Simpang IV aneka donasi, sembako dan perlengkapan sehari-hari, termasuk tiga tenda ukuran menengah yang dibawa langsung dari ibukota Jakarta.

Pada kesempatan berikutnya, Bupati Pasaman Benny Utama, menunggu kedatangan koleganya di posko utama kantor Kecamatan Tigo Nagari. Tidak terkira kebahagiaan kedua kepala daerah yang secara simbolik di penyerahan sumbangan oleh Walikota Padang Panjang Fadli Amran, dalam kapasitas sebagai Ketua GM Sumatera Barat bersama Waketum dan Ketua GM wilayah.

Masyarakat terdampak di halaman kantor Camat tanpa menunggu lama, langsung membawa pulang ke rumahnya masing-masing. Terlihat wajah penuh syukur menerima paket yang terdiri dari beras 10 kg, Indomie, selimut, sarden dan pakaian dalam. Tercatat lebih 800 paket selain ratusan paket lainnya, berupa kain sarung dan perangkat sehari-hari, seperti sabun, sikat gigi, odol, handuk, dll.

Baca Juga :  Pertama dan Satu-satunya di Sumbar, Salurkan BLT BBM Senilai Rp 5 M

Seluruh donasi dari elemen GM diberbagai daerah dan donatur yang berasal dari pemirsa TV Indosiar dan SCTV dibagi secara proporsional di kedua daerah tersebut.

Sebagaimana harapan yang di sampaikan Fadli Amran, bahwa duka saudara kita di Pasaman menghentak jiwa solidaritas pengurus diberbagai daerah. Maka GM Sumbar menggalang donasi yang kalau ditotalkan mencapai 300-an juta rupiah ini.

‘Inshaa Allah tahap selanjutnya akan di upayakan penggalangan dana melalui turnamen ‘charity’ golf di Jakarta, Mohon doa dan dukungan kita bersama’, ujar Ketua GM DKI Syafrizal, di sela-sela lantunan lagunya.

Semangat berbagi ini, menurut inisiator acara Dian Anggraini, direspon positif oleh pengurus dan anggota.

Baca Juga :  Awasss... Garnita Sumbar Siap Terbang ke Hati Pemilih Sumbar

‘Ucapan terima kasih kami kepada seluruh dermawan,”lanjut Sekretaris GM Sumbar didampingi sejumlah pengurus, di antaranya Abdul Razak, Rista, Wirda, Agusmardi dan Ilhamsyah Mirman.

Karena tugas utama telah tuntas, maka saatnya kami menjamu di cafe rancak milik Pak James, salah seorang pengurus yang sangat aktif dalam berbagai kegiatan.

Saat menyampaikan sepatah dua kata, Waketum Marwan Paris menyampaikan salam dari Ketua Umum Osman Sapta, serta mengucapkan terima kasih atas kekompakan dan rasa kekeluargaan seluruh pengurus. Disampaikan pula rencana Musyawarah Nasional Gebu Minang yang akan diadakan Juni 2022 di Padang diharapkan bisa dihadiri beramai-ramai.

Hari menunjukkan pukul 21.00 saat walikota Pariaman Genius Umar melanjutkan lagunya…

‘…Dangalah pasan unggeh jo buruang..

Tolonglah kami nan lamah mangko..

Rimbo tampek kami balinduang jan di tabang juo..’

(***)

Komentar