Ujudkan Transparansi Pengelolaan Pemerintah, Pemkab Mentawai Gelar Bimtek PPID

straightnews1193 Dilihat

Martinus D: Bimtek tak Sekedar Dengar dan Carat Saja

FIXSUMBAR — Pejabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai Martinus D membuka Pengautan Kapasitas Keterbukaan Informasi Publik (KIP) terhadap. PPID Pelaksana se.Pemkab Kepulauan Mentawai Senin 11/7-2022 di Aula Graha Viona Hotel,

Martinus D pada pembukaannya menekankan keseriusan Pemkabnya untuk. KIP.

“Bimtek ini bukan untuk sekedar dengar dan catat dan selesai atau sekedar menjalankan program dibiayai APBD saja,” ujar Martinus D saat membuka Bimtek tersebut.

Tidak itu kata Pj Bupati urgensi Bimtek ini, saat ini era keterbukaan informasi,

“Era ini informasi tak ada dirahasiakan dan disembunyikan, Jadi Bimtek dua hari ini harus menghasilkan PPID yang mampu memgelola informasi publik di Pemkab Kepulauan Mentawai,” ujar Martinus D.

Baca Juga :  Mewabah Pegiat Medsos Keniscayaannya adalah Hoaks

Pembukaan Penguatan kapasitas KIP dihadiri Gorkompida, Wakil Ketua Komisi Informasi Arif Yumardi dan Kabid IKP Kominfotik Sumbsr Indra Sukma, Menurut Kabid IKP Kominfo Kepulauan Mentawai Marcolinus selaku Ketua Panitia Bimtek ditujukan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan penerapan keterbukaan informasi publik di Pemkab Kepulauan Mentawai.

“Tidak ada lagi wacana, tapi output dari Bimtek ini adalah penerapannya di seluruh PPID Pelaksana lingkup kabupaten Kepulauan Mentawai dengan dokordinir oleh PPID Utama Pemkab Kepulauan Metawai,” ujar Marcolinus.

Baca Juga :  Pembatasan Umur Dalam Syarat KI Sumbar, Dinilai Fatal dan Langgar HAM dan UU KIP

PPID sendiri adalah pejabat penting dlaam. lalulintas pengelolaa informasi publik.

“Kita berharap PPID Pelaksana di Kabupaten Kepulauan Mentawai tahu dna paham akan prises. pengelolaan informasi berdasarkan UU 14 Tahun 2008 tentang KIP,” ujar Marcolinus.

Bintek penguatan kapasitas KIP Kepulauan Mentawai diikuti 56 peserta dari seluruh PPID Pelaksana tersebar di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se. Pemkab Kepulauan Msntawai ujar Marcolinus.

Bimtek Peningkatan Kapasitas KIP menghadirkan empat anrasumber yang memiliki pemahaman lebih soal keterbukaan informasi publik, yakni: Wakil Ketua KI Sumbar Arif Yumardi, Komisioner Bidang PSI KI Sumbar Adrian Tuswandi, Kabid IKP Kominfotik Sumbar Indra Sukma dan Sandang Paruhun Simanjuntak (Direktur Program Yayasan Citra Mandiri).

Baca Juga :  Optimis Pariwisata Sumbar Pasca Pandemi

Wakil. Ketua KI Sumbar Arif Yumardi mengapresiasi digelarnya Bimtek Peningkatan Kapasitas KIP oleh Pemkab Mentawai hari ini.

“Saya simak sambutan Pj Bupati, ternyata pemahamannya pak Martinus D soal keterbukaan informasi publik sangat perfect. Dan beliau jujur mengenai masih lemahnyan pengelolaan informasi di Pemkabnya. Satu Pak. Mertinus D tegas mengatakan tidak ada rahasia lagi dalam mengelola. informasi untuk melayani masyarakat,”ujar Arif Yumardi usai pembukaan Bimtek. (***)

Komentar