Upsss.. Kapolda Sumbar Sidak Samsat Padang

straightnews681 Dilihat

FIXSUMBAR –— Kapoda Sumbar baru tiga hari efektif menjadi polisi nomor satu di di wilayah hukum Sumbar, tapi Irjen Pol. Suharyono tidak mau larut dengan jabatan baru diamanahkan Kapolri kepadanya.

Irjen Pol Suhatyono langsung gerak cepat, bahkan sempat membuat terkejut banyak netizen ketika hari ketiga berdinas di Sumbar Kapolda inspeksi mendadak (Sidak) ke Samsat Padang, ada kasus kah?

“Tiga hari bertugas di Sumbar saya sudah mendapatkan laporan dari Dirlantas bahwa pelayanan di UPTD Samsat berjalan dengan baik. Tapi sebagai pimpinan saya harus memastikan sendiri, Saya mau cek sendiri apakah ada atau tidak praktek pungutan liar di sini,” ujar Irjen Pol Suharyono, Rabu 26 Oktober 2022 pagi terpantau tengah di Samsat Padang.

Baca Juga :  HUT JPS ke-3, Kapolda Sumbar Narsum Kunci tentang Netralitas Jurnalis dalam Pemilu 2024

Kapolda juga memperhatikan SOP pelayanan mulai dari pendaftaran, validasi, pembayaran hingga pencetakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Juga meninjau fasilitas umum yang disediakan untuk masyarakat yang sedang menunggu.

Jenderal polisi bintang dua ini pun tidak puas hanya meninjau, Kapolda sempat berdialog  dengan wajib pajak yang lagi antri membayar kewajibannya. Mencari tahu tentang kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan.

“Hasil Sidak cukup memuaskan. Pelayanan di Samsat Padang berjalan sesuai prosedur dan masyarakat yang membayar pajak juga puas dengan pelayanan yang diberikan,” ujarnya.

Baca Juga :  Gelar Deklarasi Pemilu Damai, Leonardy Harmainy Apresiasi Kapolda Sumbar

Namun Irjen Pol Suharyono tetap meminta semua pihak yang berkolaborasi di UPTD Samsat yaitu kepolisian, Pemprov Sumbar dan Jasa Raharja untuk tidak berpuas diri.

“Inovasi untuk mempermudah pelayanan harus terus diupayakan karena pajak kendaraan adalah tulang punggung pendapatan daerah, inovasinya harus upgrade, mudah dan murah, tidak bertele-tele apalagi pakai pungutan tak legal pula,” ujarnya.

Kepala PTD Samsat Padang, Mistar menyebut kolaborasi antara tiga instansi yang berperan di lembaga itu sudah berjalan dengan baik dan harmonis.

“Kita juga terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak. Salah satunya dengan program 5 untung yang saat ini masih berjalan,” katanya.

Melalui program itu masyarakat mendapatkan banyak kemudahan mulai dari diskon pajak, pemutihan pajak tertunggak hingga gratis bea balik nama kendaraan.

Baca Juga :  Bansos Ramadhan Diserahkan, Buktika Polisi sama Masyarkat Solid

“Kita juga sudah memberikan banyak opsi bagi masyarakat yang ingin membayar pajak. Bisa langsung di kantor Samsat, bisa melalui drive thru, bisa pula melalui pojok samsat di beberapa lokasi,” ujarnya.

UPTD Samsat Padang juga telah memiliki armada Samsat Keliling yang turun langsung menjemput bola ke tengah masyarakat.

Sidak yang dilakukan Kapolda Sumbar tersebut ikut didampingi oleh Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya, Kepala UPTD Samsat Padang, Mistar dan Kepala Cabang Jasa Raharja, Raihan Fanani.(cok)

Komentar