Pabrik Sepatu Tomkins Diserbu Peserta Studi Tiru Ekraf Sumbar

Ekbis, straightnews1903 Dilihat

FIXSUMBAR — Jumat 18 November 2022, peserta studi tiru pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) Sumbar, serbu Pabrik Sepatu Tomkins di daerah Gedebage.

Kedatangan peserta studi tiru yang difasilitaso pleh pokok-pokok pikiran Anggota DPRD dari Partai Gerindra Hidayat SS.MH di Dinas Pariwisata Sumbar itu disambut Staf Senior Mulyadi dan Surya yang membidangi bagian produksi pabrik. Setelah beramah tamah, peserta pun diajak berkeliling pabrik sepatu. Mulai dari proses cutting sampai dengan finishing.

Surya menjelaskan sejak berdirinya pabrik 1994 awalnya memproduksi sepatu eksport seperti Reebok, Fila, Wiilson dan lainnya. namun ketika 2001 terjadi kebijakan manajemen baru untuk membuat brand lokal sendiri yang bernama Tomkins.

Memiliki luas lahan pabrik sekitar 4,5 hektar dengan total jumlah karyawan 650 orang mampu menghasilkan 3000 produksi seharinya.

Mutia, karyawan di bagian quality control menyebut setiap minggunya ada paling sedikit 5 model sepatu yang di kerjakan baik itu dari permintaan buyer maupun dari design pabrik itu sendiri.

“Ada beberapa model sepatu yang dikerjakan setiap harinya dan setiap produk akan selalu diawasi dengan kontrol produk maksimal mulai dari kualitas cutting sampai finishing dan packing” tutur Mutia.

Setelah puas berkeliling, para peserta studi tiru pun menyerbu membeli produk sepatu yang telah disediakan di galery samping pabrik. (sis)

Komentar